Berita

IN MEMORIAM PELDA PURN MUNIR SUTAN PAMUNCAK

Dibaca: 49 Oleh 26 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Kesibukan kegiatan staf yang dilaksanakan di Lanud Padang dalam minggu-minggu terakhir ini begitu padatnya, dengan diterapkannya bulan bersih pada bulan Agustus ini oleh Danlanud Padang hampir setiap harinya selesai apel pagi semua anggota melaksanakan Korvey hingga pukul 10.30 siang, setelah itu baru melaksanakan kegiatan staf masing-masing.

 

Di tengah kesibukan melaksanakan Korvey pada pagi hari Selasa tanggal 21 Agustus 2007, dari pengeras suara piket Lanud Padang terdengar pengumuman berita duka telah meninggal dunia Pelda Purnawirawan Munir Sutan Pamuncak. Kegiatan Korvey pada pagi hari itu langsung berhenti dan semua anggota diperintahkan untuk melaksanakan persiapan upacara Pemakaman Militer terhadap Almarhum.

 

Almarhum merupakan purnawirawan TNI Angkatan Udara dan juga pejuang perang kemerdekaan, salah satu Tanda Jasa yang dianugrahkan kepada almarhum adalah Satya Lencana Perang Kemerdekaan I dan II tahun 1958. Almarhum dimakamkan secara Upacara Militer di Taman Makam Pahlawan Lolong Padang, pada pukul 14.00 Wib, dengan Inspektur Upacara Danlanud Padang, Letkol Pnb Sugiharto Prapto W. S. Sos. Pelaksanaan upacara ini dilaksanakan sepenuhnya oleh Lanud Padang sebagai penghormatan terahir terhadap almarhum atas jasa-jasanya kepada negara khususnya TNI Angkatan Udara.

Baca juga:  Sosialisasi PPDB SMA Pradita Dirgantara di Lanud Sulaiman

 

Rangkaian upacara pemakaman yang dimulai dari rumah duka dengan Upacara Pemberangkatan hingga pelaksanaan Apel Persada di TMP Lolong Padang. dalam sambutannya pada acara pemberangkatan jenazah, Danlanud Padang mengatakan, almarhum merupakan anggota TNI AU yang mempunyai dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas, sebagai generasi penerus Angkatan Udara kita wajib mentauladani sikap dan perbuatan yang telah dicontohkan oleh Almarhum selama berdinas di TNI Angkatan Udara, Danlanud yang mewakili segenap TNI Angkatan Udara juga menyampaikan ucapan belasungkawa dan duka yang mendalam atas meninggalnya almarhum Pelda Purn Munir Sutan Pamuncak.

 

Almarhum lahir di Bukit Tinggi pada tanggal 4 Maret 1925 dan meninggal dunia pada hari selasa tanggal 21 Agustus 2007 pada pukul 06.30 Wib di Padang. Almarhum meninggalkan delapan orang anak.

 

Riwayat Jabatan Almarhum adalah :

 

1. Prajurit Udara Kopasgat Gadut, Bukit Tinggi thn 1947

2. Prajurit Udara Kopasgat Lanud Kalijati thn 1951

3. Anggota Kopasgat Lanud Padang thn 1959

4. Anggota Kopasgat Lanud Pekan Baru thn 1966

Baca juga:  APEL GABUNGAN DI WINGDIKTEKKAL

5. Kepala Teknik Udara lanud Padang thn 1978

 

Adapun Tanda Jasa yang dimiliki adalah :

 

1. Satya Lencana Perang Kemerdekaan I, thn 1958

2. Satya Lencana Perang Kemerdekaan II, thn 1958

3. Satya Lencana Kesetiaan 8 Tahun, thn 1958

4. Satya Lencana Gerakan Operasi Militer IV, thn 1959

5. Satya Lencana Sapta Marga, thn 1959

6. Tanda Jasa Pahlawan Bintang Gerilya, thn 1960

7. Satya Lencana Kesetiaan 16 Tahun, thn 1965

8. Satya Lencana Wira Dharma, thn 1966

9. Satya Lencana Gerakan Operasi Militer VIII, thn 1969

10. Tanda Kehormatan Bintang Swa Bhuana Paksa Nararya, 1971

11. Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun, thn 1971

 

Selamat jalan bapak, semoga amal bhakti yang telah diberikan kepada nusa dan bangsa diterima oleh Allah SWT, serta mendapat imbalan yang layak di sisi-Nya, Amin ya Robbal Alamin…***(Pen Koopsau I, laporan Pentak Lanud Padang)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel