Berita

Indonesia Memasuki Era Baru Komunitas ASEAN

Dibaca: 6 Oleh 31 Okt 2011Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

“Memasuki era baru komunitas ASEAN yang meliputi komunitas keamanan, ekonomi, dan sosial budaya. Dalam bentuk komunitas ASEAN, arus barang jasa, dan orang akan semakin leluasa sehingga tantangan sekaligus kesempatan kedepan bagi bangsa dan pemuda Indonesia. Dengan demikian, persaingan tidak lagi meliputi 240 juta masyarakat Indonesia tetapi dengan 500 juta masyarakat ASEAN”.

Hal tersebut disampaikan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Drs. Andi A. Malarangeng, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wadan Korpaskhas Kolonel Psk M. B. Manurung, pada upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-83 tahun 2011 di Lapangan Merah, Mako Korpaskhas, Lanud Sulaiman Bandung, Jum’at (28/10).

Menurut Menegpora, memperingati Sumpah Pemuda tidak hanya rutinitas, kita harus memaknai kembali sesuai semangat tampa kehilangan nilai-nilai dari Sumpah Pemuda itu sendiri, kita semua selaku generasi penerus bangsa mampu mengatisipasi kedepan dalam menghadapi tantangan baru dengan semangat nilai-nilai Sumpah Pemuda, Proklamasi, Pancasila dan UUD 1945 dan Bhike Tunggal Ika.

Lebih lanjut diingatkan, dalam menghadapi tantangan tugas yang semakin tidak ringan kedepan, kita harus mempersiapan para pemuda Indonesia disegala bidang, untuk bias bersaing dan memenangkan persaingan tampa kehilangan akar budaya. Pemuda Indonesia modern harus menguasai 3 bahasa, yang pertama bahasa persatuan/bahasa nasional Bahasa Indonesia, satu bahasa internasional dan paling tidak satu bahasa daerah.

Baca juga:  RUMKIT LANUD ABD SALEH PERSIAPAN AKREDITASI

Berbagai macam kegiatan sukarelawan harus dikembangkan disetiap komunitas, untuk itu, pemerintah bersama masyarakat dan berbagai kelompok masyarakat perlu mengambil peran aktif dalam menciptakan peluang, kesempatan bagi para pemuda untuk menunjukkan kepeduliannya. Program kepedulian seperti penanggulangan bencana perlu didorong menjadi rajutan berbagai macam social public agar mejaga kuat. Tambahnya.

Kita harus bisa Berjaya dalam era baru tersebut, tantangan baru ke depan untuk bangsa Indonesia, khususnya untuk pemuda harus kita antisipasi dan tema peringatan hari sumpah pemuda tahun ini merupakan bagian dari antisipasi kita tentang peran kaum muda ke depan untuk membawa bangsa ini semakin jaya di masa mendatang. Kita perlu mempersiapkan orang muda untuk bisa bersaing dalam menghadapi globalisasi yang terus berjalan dan terus berkembang.

Andi A. Malarangeng, menekankan ada banyak hal yang bisa mengambil makna dari hari sumpah pemuda. Pemerintah menyiapkan ruang yang luas bagi pemuda Indonesia untuk berkreasi,berkreatifitas,bersosial wirausaha,berekonomi kreatif agar di geluti oleh pemuda untuk ikut serta berpartisipasi. Dengan itu, kita merefleksikan ke depan kepada pemuda untuk lebih maju,

Baca juga:  Doa Bersama Awali Gladi Lapangan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Koopsau I

Kehadiran Undang-undang No 40 Tahun 2009 tentang ke pemudaan maka pembangunan kepemudaan yang di laksanakan melalui pelayanan ke pemudaan akan lebih jelas, terarah, dan mengalami ke majuan yang terukur, khususnya pada aspek penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan potensi pemuda.

Menegpora menghimbau, kompleksitas persoalan yang di hadapi pemuda Indonesia mengharuskan seluruh komponen bangsa secara bersama-sama memberikan solusi untuk mengatasi dan mengentaskan pemuda dari segala macam masalah yang dihadapinya menuju kejayaan bangsa di masa depan. Kiranya , peringatan hari sumpah pemuda ke 83 Tahun 2011 dapat di jadikan motifasi dan inspirasi bagi pemerintah dan masyarakat pada Pancasila dan UUD 1945.

Daya saing suatu bangsa akan sangat di tentukan kemandirian dan kemampuan pemuda untuk selalu meningkatkan kualitas dan keunggulan dan sumberdaya manusianya . memang, pada saat ini, pemuda Indonesia masih di liputi permasalahan yang cukup kompleks. Sebagai bagian terbesar dari jumlah penduduk Indonesia pemuda harus di jadikan sasaran prioritas dalam upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia sehingga menjadi generasi penerus yang maju dan mandiri. Tambahnya.

Baca juga:  TNI AU Bangun Taxyway Paralel Lanud Ranai

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel