Berita Utama

Inovasi Koharmatau Berhasil Menghidupkan “Human Centrifuge” Yang Sudah 12 Tahun Rusak

Inovasi Koharmatau Berhasil Menghidupkan "Human Centrifuge" Yang Sudah 12 Tahun Rusak
#TNIAU 

PANCORAN, DISPENAU. Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., mengapresiasi kinerja Komando Pemeliharaan Materiel Angkatan Udara (Koharmatau) yang telah sukses memperbaiki alat “Human Centrifuge” milik Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (Lakespra) dr. Saryanto.

Apresiasi ini disampaikan langsung Kasau seusai menyaksikan demonstrasi uji coba perbaikan alat tersebut di gedung Laboratorium, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (21/2/2020).

“Upaya untuk memperbaiki alat ini sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2008 dengan mendatangkan teknisi dari Austria, akan tetapi dengan pertimbangan biaya yang sangat besar maka perbaikan ini ditangguhkan dahulu,” ujar Kasau.

Dikatakan Kasau inovasi perbaikan diserahkan ke Koharmatau karena Koharmatau memiliki banyak inovasi, personel yang andal, dan juga dapat menghemat biaya.

Kasau juga menjelaskan, waktu pengerjaan perbaikan sendiri memakan waktu sekitar 14 bulan, kemudian setelah di uji coba hasilnya baik, dan langsung di sertifikasi.

“Alat ini pun sudah legal karena telah di sertifikasi oleh Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja TNI Angkatan Udara, dan alat ini sudah 100 persen bisa digunakan yang disesuaikan dengan kemampuan pesawat TNI AU,” tambah Kasau.

Baca juga:  Siswa Susbamenjur POM A-23 Dan Susjurlata POM A-41 Laksanakan Lattis Penegakan Tata Tertib

Untuk diketahui alat Human Centrifuge model 100.1 Latocoere yang dimiliki Lakespra merupakan alat untuk menguji kemampuan penerbang khususnya pesawat tempur dalam menerima daya Gravitasi (G) saat melakukan manuver.

Penggunaannya diberlakukan bagi penerbang tempur TNI AU semenjak Indonesia memiliki pesawat tempur F-16. Peralatan ini merupakan peralatan penting yang dimiliki TNI AU dalam rangka melaksanakan latihan, khususnya untuk menentukan kekuatan dan ketahan fisik pilot terhadap gravitasi bumi.

Pada acara tersebut Kasau menyerahkan piagam penghargaan kepada Dankoharmatau Marsda TNI Dento Priyono yang telah bekerja keras, berinovasi, dan berdedikasi tinggi dalam usaha perbaikan alat ini.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Asisten Kasau, Pangkohanudnas, Dankoharmatau, para Kepala Dinas jajaran Mabesau, para pejabat Koharmatau dan seluruh pejabat Lakespra dr. Saryanto.

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel