TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Instruktur Penerbang Harus Miliki Prestasi Terbang Dan Kemampuan Mengajar Terbaik.

DSC_8243

TNI AU.  Selamatan dan doa bersama dalam rangka Pembukaan Bina Terbang Sekolah Instruktur Penerbang angkatan-79 dilaksanakan di Hanggar Skadik 102 Lanud Adisutjipto, Rabu (1/8). Kegiatan tersebut menandai  dimulainya kegiatan Bina terbang SIP Angkatan ke-79 di Sekolah Penerbang Lanud Adisutjipto.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Tedi Rizalihadi  menyampaikan bahwa Pendidikan Instruktur Penerbang merupakan pendidikan pengembangan spesialisasi perwira penerbang untuk diarahkan menjadi instruktur penerbang militer yang terampil dan handal dengan didukung jiwa juang yang tinggi. Pendidikan ini juga merupakan penambahan kemampuan profesi yang menuntut adanya kesungguhan dan loyalitas. Mereka juga dituntut untuk dapat menjadi suri tauladan, karena di tangan Instruktur lah kualitas hasil didik akan ditentukan.

Danlanud Adisutjipto juga menambahkan bahwa Tradisi doa bersama dengan pemotongan tumpeng menjelang Bina terbang ini bermakna permohonan doa kepada Tuhan YME serta pemberian energi kepada para siswa SIP agar latihan yang akan dilaksanakan diberikan kelancaran, keselamatan dan prestasi.

Komandan Skadik 102 Letkol Pnb Marcell Dirgantara menjelaskan bahwa SIP TNI AU Angkatan ke-71 ini diikuti oleh 21 perwira penerbang 1 diantaranya berasal dari Malaysia. Mereka adalah Alumni Akademi Angkatan udara yang sudah berdinas selama 8-12 tahun berpangkat Mayor dan Kapten. Mereka telah menjadi penerbang diberbagai Skadron Udara (skadud) di Indonesia diantaranya Skadron Tempur, Angkut dan Heli.  Mereka akan melaksanakan latihan terbang sebanyak 68 Shorties, 70 Jam terbang.  Kegiatan Bina Terbang ini dilaksanakan setelah sebelumnya para siswa menyelesaikan 315 Jam pelajaran di kelas.

Lebih lanjut disampaikan dalam Bina terbang dengan pesawat KT 1 B Woong Bee, para Siswa akan melaksanakan materi instrumen, aerobatik, formasi, terbang rendah, navigasi terbang rendah, terbang malam, dan sekaligus melatih para calon instruktur bagaimana cara mengajarkannya kepada siswa penerbang.

Acara doa bersama Bina Terbang SIP Angkatan 79 dihadiri oleh Danwingdikterbang Kolonel Pnb Deni Hasoloan, Para Kepala Dinas, Para Komandan satuan, Para Instruktur Penerbang serta seluruh siswa SIP TNI.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Instruktur Penerbang Harus Miliki Prestasi Terbang Dan Kemampuan Mengajar Terbaik.