Berita

Itjenau Miliki Fungsi Preemtif, Preventif, dan Represif

Dibaca: 3376 Oleh 18 Jul 2011Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Bandung, (18/7) Marsma TNI Anang Murdiyanto selaku Irops/pengendali Itjenau menyampaikan bahwa itjenau sebagai aparat pengawas internal memiliki fungsi preemtif, preventif, dan represif. Preemtif, adalah memberikan konsultasi terhadap obyek pemeriksaan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Preventif, adalah melaksanakan pengawasan dari proses perencanaan dalam seluruh fungsi. Sedangkan represif, yaitu melaksanakan kegiatan wasrik dengan tujuan untuk meminimalkan temuan/penyimpangan oleh pengawas eksternal dengan tidak mengesampingkan apabila ditemukan penyimpangan yang mempunyai dampak hukum, tetap harus ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian salah satu pernyataan Marsma TNI Anang Murdiyanto dalam kunjungan Itjenau ke Lanud Sulaiman pada saat entry brifing yang dilaksanakan di ruang rapat staf I Lanud Sulaiman. Dalam kunjungan tersebut Itjenau disambut Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Elianto Susetio, S.I.P dan dihadiri para pejabat di jajaran Lanud Sulaiman. Dengan Ketua tim Kolonel Pnb Arif Ichwan, S.E rombongan yang berjumlah delapan orang tersebut akan berada di Lanud Sulaiman hingga tanggal 22 Juli 2011.

Lebih lanjut tim Itjenau dalam melaksanakan kegiatan wasrik diharapkan dapat mendeteksi lebih awal, atas kemungkinan adanya masalah, hambatan, penyimpangan terhadap program kerja yang diawali dengan perencanaan sampai dengan pelaporan sesuai dengan waktu yang ditetapkan dan yang lebih penting adalah agar kesalahan serupa tidak diulangi lagi, sehingga kerugian yang lebih besar tidak perlu terjadi. “Disamping itu juga untuk mengantisipasi agar tidak ditemukan kesalahan/penyimpangan oleh tim audit eksternal baik dari Itjen TNI, Itjen Kemhan maupun BPK RI,” Kata Marsma TNI Anang Murdiyanto.

Baca juga:  Pelantikan Majelis Pembimbing Daerah dan Lembaga Pemeriksaan Keuangan Gerakan Pramuka NTB

Sementara itu, Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Elianto Susetio, S.I.P mengharapkan selama melaksanakan pemeriksaan ke Lanud Sulaiman, tim Itjenau dapat memberikan masukan-masukan yang bermanfaat bagi pelaksanaan tugas Lanud Sulaiman di masa mendatang. Danlanud pun mengharapkan pula agar para pejabat Lanud Sulaiman yang terkait dengan bidang pemeriksaan dapat bekerja sama dalam memberikan data- data dan keterangan yang dibutuhkan tim Itjenau selama melaksanakan tugasnya di Lanud Sulaiman.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel