Berita

Jadikan Idul Adha Sebagai Momentum Perubahan

Dibaca: 82 Oleh 04 Sep 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Hari Raya Idhul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah 1438 H, merupakan hari besar umat Islam yang dirayakan diseluruh penjuru dunia, termasuk di Lanud Atang Sendjaja pada hari ini, Jumat (1/9), bertempat di Masjid Besar At-Taqwa Lanud Ats, diikuti oleh warga Lanud Ats yang beragama Islam dan masyarakat sekitar Lanud Ats. Bertindak sebagai imam sekaligus khotib adalah bapak Dr. KH. Damanhuri, MM.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Ats, Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., mengatakan bahwa  tanggal 10 Dzulhijjah 1438 H adalah hari raya Idhul Adha yang merupakan hari besar umat Islam di seluruh penjuru dunia. “Umat Islam di seluruh dunia mengumandangkan kalimat takbir, tahmid dan melaksanakan shalat Idul Adha serta menyembelih hewan ternak (qurban) dengan tujuan mendapatkan ridho Allah SWT, pencerah jiwa karena dengan berkurban berarti jiwa kita terhubung dengan ketaqwaan kepada Allah SWT dan dapat memupuk keikhlasan, kejujuran dan kesabaran yang membimbing kita mencintai Allah dan akhirnya mencintai makhluk ciptaan-Nya,” ungkap Danlanud Ats mengawali sambutannya.

Baca juga:  KENAIKAN PANGKAT PERSONEL LANUD REMBIGA PERIODE APRIL 2012

“Selain itu, lanjutnya, dengan sikap rela berkorban sebagai prajurit TNI, akan menjadikan kita sebagai prajurit-prajurit yang kuat dalam mengahdapi segala tantangan dan hambatan, juga hebat dalam menyelesaikan setiap tugas yang dilaksanakan secara profesional, ditunjang dengan sikap dan tindakan yang benar, sehingga melalui semuanya itu, kita dapat menjadi prajurit yang bukan hanya tangguh dalam melaksanakan tugas serta memiliki keimanan dan ketakwaan yang kuat, tetapi juga dicintai rakyat”. Tema perayaan Idul Adha 1438 H/ 2017 M adalah “Melalui hikmah Idul Adha 1438 H/2017 M, kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan serta sikap rela berkorban guna mewujudkan prajurit yang kuat, hebat, profesional, dan dicintai rakyat”.

“Hari raya Idhul Adha atau disebut hari raya qurban adalah hari raya yang penuh dengan sejarah, nilai-nilai perjuangan dan pengorbanan yang dirisalahkan oleh nabi Ibrahim Alaihissalam dan putranya Ismail Alaihissalam. Dari peristiwa tersebut kita dapat memperoleh hikmah, bahwa keimanan dan kecintaan kaum Muslimin dan Muslimat terhadap Allah SWT harus dapat mengalahkan kecintaan terhadap segala-galanya, seperti halnya nabi Ibrahim As mencintai Allah SWT melebihi kadar cintanya kepada anaknya Ismail As”, terang Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos. “Untuk itu saya mengajak hadirin sekalian, mari kita jadikan Idul Adha ini sebagai momentum perubahan secara bersama-sama, dan kita berharap spirit ibadah kurban tahun ini dapat terjaga dalam kehidupan kita berbangsa dan bermasyarakat”, pungkas Danlanud Ats mengakhiri sambutannya.

Baca juga:  KETUA PIA CAB 3/D II TINJAU RUMPIN LANUD ABD

Selanjutnya seluruh jamaah shalat Idul Adha mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh bapak Dr. KH. Damanhuri, MM, yang berbicara tentang sejarah hari raya Idul Adha dan makna pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam dan putranya Ismail Alaihissalam, yang harus dihayati, dipedomani dan dilaksanakan serta mampu meneladani sikap dan keteladanan Nabi Ibrahim Alaihissalam dan Ismail Alaihissalam.

Hadir pada sholat Idul Adha 143b H di lapangan Dirgantara Bondol Lanud Atang Sendjaja. bapak Dr. KH. Damanhuri, MM, selaku Imam dan Khotip, Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos., Para Pejabat lanud Ats, Ketua PIA AG Cab. 3/D.I Lanud Ats Ny. Irwan Is. Dunggio beserta pengurus, seluruh warga komplek lanud Atang Sendjaja Bogor dan masyarakat sekitar Lanud Ats.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel