BeritaBerita Kotama

Jadikan Momentum Kebangkitan Nasional Untuk Berikan Komitmen Jiwa Raga Kepada Negara dan Bangsa

Dibaca: 17 Oleh 21 Mei 2018Tidak ada komentar
Jadikan Momentum Kebangkitan Nasional Untuk Berikan Komitmen Jiwa Raga Kepada Negara dan Bangsa
#TNIAU 

TNI AU. Bertempat di Lapangan Jupiter Lanud Adisutjipto, Senin (21/5) Anggota TNI AU baik militer maupun PNS di Lingkungan Lanud Adisutjipto dan Akademi Angkatan Udara mengikuti Upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas). Kepala Dinas Operasi Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Andi Wijanarko mewakili Danlanud Adisutjipto memimpin jalannya upacara militer Harkitnas yang telah diperingati ke 110 tahun tersebut.

Kadisops Lanud Adisutjipto saat membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI mengatakan para pendahulu yang berkumpul dalam organisasi-organisasi seperti Boedi Oetama itu memberikan yang terbaik bagi terbentuknya bangsa melalui organisasi. Bukan pertama-tama dengan memberikan harta atau senjata, melainkan dengan komitmen sepenuh jiwa raga. Dengan segala keterbatasan sarana dan prasarana saat itu, mereka terus menghidup-hidupi api nasionalisme dalam diri masing-masing.

Seratus sepuluh tahun kemudian bangsa ini telah tumbuh menjadi bangsa yang besar dan maju, sejajar dengan bangsa-bangsa lain. Meski belum sepenuhnya sempurna, rakyatnya telah menikmati hasil perjuangan para pahlawannya berupa meningkatnya perekonomian, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Keringat dan darah pendahulu bangsa telah menjelma menjadi hamparan permadani perikehidupan yang nyaman dalam rengkuhan kelambu kemerdekaan.

Baca juga:  Presiden Joko Widodo : TNI Mampu Menjadi Kekuatan Perang Modern

“Kalau sekarang bangsa ini punya hampir segala yang dibutuhkan, seharusnya kita terinspirasi bahwa dengan kondisi embrio bangsa seabad lalu yang berada dalam rundungan kepapaan pun, kita telah mampu menghasilkan energi yang dahsyat untuk membawa kepada kejayaan. Apalagi kini, ketika kita jauh lebih siap, tak berkekurangan dalam sumber daya alam dan sumber daya manusia” ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informasi juga menyinggung perihal Nawacita Kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang berisi visi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan. Pada awal tahun ini, visi tersebut mendapat penekanan lebih melalui amanat Presiden Joko Widodo yang menyatakan bahwa pemerintah akan meningkatkan pembangunan sumber daya manusia (SDM) pada tahun 2019, melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur yang menjadi fokus pada tahun-tahun sebelumnya. Melalui pembangunan manusia yang terampil dan terdidik, pemerintah ingin meningkatkan daya saing ekonomi dan secara simultan meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya.

Hadir dalam upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional diantaranya para pejabat dilingkungan Lanud Adisutjipto dan AAU, para Kasi, para Perwira dan segenap anggota Bintara, Tamtama dan PNS.

Baca juga:  Panglima TNI Meninjau Evakuasi Korban Airasia

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel