Berita

“Jadilah Yang Terbaik Untuk Kebanggaan Kita Semua”

Dibaca: 4 Oleh 01 Nov 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Pomau pada hari ulang tahunnya yang ke-71 dapat dijadikan sebagai motivasi guna meningkatkan kualitas kinerja dan profesionalisme dalam pengabdian kepada bangsa dan negara selaku penegak hukum disiplin dan tata tertib di lingkungan TNI Angkatan Udara, demikian yang disampaikan oleh Kasau dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Lanud Abd. Saleh Marsma TNI Julexi Tambayong, pada Upacara Peringatan HUT ke-71 Pomau di Lanud Abd Saleh yang diikuti seluruh anggota Lanud Abd Saleh dan insub bertempat di lapangan sepakbola Stadion Dirgantara Lanud Abd Saleh.

Sejarah terbentuknya Pomau adalah adanya “Sekolah Istimewa” dibidang pengetahuan Kepolisian. Sekolah tersebut diberi nama Sekolah Polisi Angkatan Udara Darurat dan dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 1 November 1946 dan selanjutnya tanggal tersebut dijadikan tonggak kelahiran Polisi Angkatan Udara. Hasil pendidikan Sekolah Polisi Angkatan Udara tersebut merupakan cikal bakal anggota Polisi Angkatan Udara. Keseluruhan siswanya yang diambil dari anggota P.O. (Pengawas Oemoem) setelah melalui proses seleksi, dari sekian calon yang lulus seleksi sebanyak 37 orang.

Baca juga:  Dkm At-Taqwa Lanud Sulaiman Buka Bersama Dengan Anak Yatim

Diusia yang ke-71 tahun ini, Polisi Militer Angkatan Udara telah menunjukkan eksistensi dan prestasi yang cukup membanggakan dalam berbagai pelaksanaan tugas penegakan hukum di lingkungan Angkatan Udara. Pada peringatan hari jadi kali ini Polisi Militer Angkatan Udara mengangkat tema “Dengan

Dilandasi Jiwa Ksatria, Militan, Loyal dan Profesional, Polisi Militer Angkatan Udara Siap Mendukung Pelaksanaan Tugas TNI Angkatan Udara”, tegas Kasau.

Kasau berharap “Prajurit Pomau harus dapat bertindak secara independen/mandiri dalam melaksanakan proses penegakkan hukum dengan mengedepankan hukum sebagai panglima dan selalu menghindarkan diri dari kecongkakan kekuasaan (arrogance of power) dan penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power), yang dapat merusak citra Polisi Militer Angkatan Udara selaku penegak hukum.” Jelasnya. Personel Polisi Militer Angkatan Udara harus mampu berinovasi serta beradaptasi dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang dengan pesat. Selaku penegak hukum di lingkungan TNI AU, jajaran Pomau harus makin berkualitas dan percaya diri dengan tidak ada sikap keraguan sedikitpun dalam menjalankan tugasnya. Sikap tersebut dapat terwujud, apabila jajaran Pomau mengerti, paham dan sadar akan tugas dan fungsinya sebagai aparat penegak hukum.

Baca juga:  Wira club

Pada bagian akhir dalam peringatan HUT ke 71 POMAU dilaksanakan refresment yang didahului dengan santi aji dari Danlanud Abd Saleh “jadilah yang terbaik untuk kebanggaan kita semua” demikian harap orang nomer 1 di Lanud Abd Saleh.

Masih harapan Kasau, Untuk itu, prajurit Polisi Militer Angkatan Udara harus dapat bertindak secara independen / mandiri dalam melaksanakan proses penegakkan hukum dengan mengedepankan hukum dan selalu menghindarkan diri dari kecongkakan kekuasaan (arrogance of power) dan penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power), yang dapat merusak citra Polisi Militer Angkatan Udara selaku penegak hukum. Untuk memenuhi tuntutan tugas tersebut Prajurit Polisi Militer Angkatan Udara harus berdedikasi, memiliki kredibilitas, serta profesional.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel