Berita

“JALAK SAKTI DAN TRISULA PERKASA 2010” BERAKHIR SUKSES

Dibaca: 7 Oleh 11 Agu 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Panglima Koopsau I Marsda TNI Eddy Suyanto, S.T selaku Pimpinan Umum Latihan, telah menutup Latihan Puncak Antar Satuan jajaran Koopsau I bersandi “Jalak Sakti” dan Latihan Korpaskhasau “Trisula Perkasa” tahun 2010 di Detasemen Gorda, Banten, Senin (9/8), setelah beberapa saat sebelumnya menyaksikan maneuver lapangan (Manlap) di kawasan Gorda, Banten.

Latihan Jalak Sakti sendiri telah berlangsung dari tanggal 26 s.d 27 Juli 2010 dengan diawali dengan geladi Mako di Koopsau I dan Lanud jajaran Koopsau I. dilanjutkan dengan TAMG dan TFG pada tanggal 2 Agustus 2010, sedangkan geladi Posko Trisula Perkasa dilaksanakan mulai tanggal 22 s.d 24 Juli 2010 serta geladi lapang secara terpadu yang dilaksanakan dari tanggal 7 sampai dengan 9 Agustus 2010 di daerah Gorda Banten. Dalam latihan Jalak Sakti maupun Latihan Trisula Perkasa melibatkan beberapa pesawat antara lain 3 pesawat Helikopter (2 Super Puma dan 1 Puma), 7 pesawat Hawk 100/200, 2 C-130 Hewrcules, 1 pesawat CN -235 dan pesawat F-27.

Dalam sambutannya, Pangkoopsau I Marsda TNI Eddy Suyanto, S.T mengatakan bahwa pelaksanaan latihan dapat dikatakan sukses karena hal ini tidak terlepas dari kerja keras dan disiplin dari para peserta sekalian. Para peserta telah menunjukkan keseriusan dan berbuat yang terbaik sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku sehingga dapat mencerminkan tingkat kesiapan operasional dan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Udara dalam menghadapi tugas-tugas yang akan dihadapi.

Baca juga:  “Air Top Gunner” Capai 1000 Jam Terbang F-16

Pelaksanaan Latihan manuver lapangan “Jalak Sakti” dan “Trisula Perkasa 2010” berlangsung lancar dan sukses. Tampak di tenda undangan, para pejabat seperti Wakil Gubernur Banten, Komandan Korpaskhasau, Kepala Staf Koopsau I, para pejabat militer dan Polri serta undangan lainnya dengan antusias ikut menyaksikan jalannya latihan. Pada pagi yang cerah dimulai dengan aksi ”Sabotase” seorang dari Tim Bravo Paskhas yang menyamar sebagai petani dengan meledakan yang disimulasikan PSU (Penangkis Serangan Udara), Tidak lama kemudian beberapa Pesawat Tempur Hawk 100/200 beraksi melakukan bombardir dan penembakan roket tepat mengenai sasaran strategis yang disimulasikan mirip Tower Bandara yang terletak di pinggir Landasan Udara Gorda yang berjarak kurang lebih 700 m dari panggung VIP, tidak lama kemudian dilaksanakan Penerjunan Satuan Tempur Paskhas yang terlihat indah sekali mengembang menghiasi langit Gorda yang berjumlah 30 an orang yang keluar dari perut pesawat C-130 Hercules, yang dimaksudkan untuk merebut kembali Pangkalan Udara Gorda yang telah direbut musuh, kemudian disusul Penerjunan Pengendali Pangkalan Paskhas. Selain itu juga dilaksanakan demo SAR Tempur atau penyelamatan terhadap penerbang pesawat tempur yang diskenariokan pesawat tertembak musuh, namun pilot dapat menyelamatkan diri dengan kursi lontar, Inilah sekilas skenario dari Latihan Puncak Koopsau I dengan sandi Jalak Sakti 2010 yang dipadukan dengan Latihan Puncak Korpaskhas dengan Sandi Trisula Perkasa.

Baca juga:  Tingkatkan Kompetensi Dan Kinerja Dalam Melayani Masyarakat

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel