Berita

JAM KOMANDAN LANUD EL TARI

Dibaca: 4 Oleh 04 Apr 2013Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Dalam kesempatan apel pagi, Rabu, 4 April 2013, Komandan Lanud El Tari Kolonel Pnb Eko Dono Indarto S.IP., memberikan ceramah tentang pengetahuan bersifat informasi yang sedang berkembang di lingkungan sekitar atau daerah yang merupakan bagian dari tanggung jawab Lanud El Tari yang perlu diperhatikan dan disosialisasikan.

Di Era teknologi informasi sekarang ini bentuk – bentuk kejahatan mengalami berbagai perkembangan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Pada kesempatan kali ini Danlanud El Tari membahas tentang kejahatan transnasional yang sedang marak di negeri ini. Kejahatan transnasional perlu diwaspadai karena merupakan tindak kriminal yang sudah melewati batas negara,terorganisir dengan rapi, yang memanfaatkan wilayah perbatasan negara yang kurang pengawasan atau karena lemahnya Security System di tempat itu. Contoh dari kejahatan Transnasional yang meningkat dewasa ini antara lain Human Traficking, Terorism, Smuggling people, Piracy, Hijacking, Money Laundry, Ilegal loging, Ilegal Fishing, Hijecting, Penyelundupan senjata, Narkoba, dll.

Melalui kegiatan ini Komandan memberikan penekanan yang mendalam kepada seluruh personel Lanud El Tari, karena dilihat secara geografis wilayah NTT yang berada di perbatasan sangat memungkinkan sekali dijadikan sebagai sarana dan tempat yang berpeluang menunjang kegiatan kejahatan transnasional tersebut. Terlebih lagi bahwa di lingkungan wilayah kerja Lanud El Tari terdapat Bandara sebagai pintu gerbang keluar masuknya orang dan barang melalui angkutan udara. Demikian juga apabila melihat kondisi sosial ekonomi masyarakat yang terbatas, masih saja ada pihak yang tidak bertanggung jawab mengeksploitasi sumber daya manusia yang tidak sesuai dengan ketentuan, melalui pengiriman calon TKI illegal. Dilihat dari indikasi banyaknya pengiriman calon TKI ilegal dari NTT dapat berpeluang mempengaruhi eksistensi dari aparat untuk menjadi netral dalam menegakkan aturan. ,Oleh karena itu, pada kesempatan apel pagi ini diingatkan sekali lagi kepada seluruh anggota untuk jangan sampai ada satu orang pun personel TNI AU yang terlibat dalam kegiatan ini, disampaikan apabila ada anggota yang terlibat, akan ditindak tegas dan diproses sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku. Demikian juga dengan jenis-jenis narkoba, maupun kejahatan lainnya, setiap pelanggaran akan ditindak dengan tegas!

Baca juga:  Bantuan Paket Sembako dari Satgas TMMD Lanud Abd Saleh pada Warga Desa

Dalam ceramahnya disampaikan lagi kepada seluruh anggota untuk kembali kepada jati diri prajurit TNI yang memiliki honesty, integrity dan loyality. Dengan 3 (tiga) hal tersebut diharapkan akan dapat menjaga eksistensi pribadi prajurit dan Lanud El Tari untuk tetap menjadi solid dan tidak gampang terkena godaan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel