Berita

Jamin Keselamatan, Korve Koba dilaksanakan di Lanud Adisutjipto

Dibaca: 46 Oleh 26 Mei 2020Tidak ada komentar
Jamin Keselamatan, Korve Koba dilaksanakan di Lanud Adisutjipto
#TNIAU 

TNI AU. Pen Adi.  Segenap personel Disops dan Lambangja Lanud Adisutjipto, melaksanakan pembersihan KOBA ( Kerusakan oleh Benda Asing ) bersama di area  runway  09 dan 27 Lanud Adisutjipto, Selasa (26/5/2020).

Korve KOBA dipimpin oleh Kadisops Kolonel Pnb Sri Raharjo yang melibatkan tak kurang dari 30 personel yang merupakan personel dari Dinas Operasi dan Lambangja Lanud Adisutjipto.

KOBA di dalam dunia penerbangan adalah kerusakan yang terjadi pada pesawat yang diakibatkan oleh benda asing, berupa serpihan material-material logam, plastik, kerikil dan serpihan-serpihan asing yang mengenai atau masuk kedalam mesin maupun sistem pesawat pada saat pesawat sedang melaksanakan penerbangan.

Kegiatan korve Koba dilaksanakan dengan membentuk formasi berjajar mulai dari ujung runway 09 sampai dengan ujung runway 27. Setiap personel dengan teliti mengambil benda-benda asing yang ada dilokasi tersebut, di area sepanjang kurang lebih 3 km.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Bob Henry Panggabean,  menyampaikan bahwa Lanud Adisutjipto sebagai pelaksana Sekolah Penerbang TNI banyak melaksanakan kegiatan dengan penggunaan pesawat, yang sangat rawan terhadap benda-benda asing dan dapat menyebabkan accident.

Baca juga:  Kuasai Udara Untuk Melaksanakan Kehendak Nasional, Karena Kekuatan Nasional Di Udara Adalah Faktor Yang Menentukann Dalam Perang Modern

Untuk itu agar tidak terjadi hal hal yang membahayakan dalam pelaksanaan tugas-tugas pokok Lanud Adisutjipto khususnya operasi pendidikan, pelaksaan pembersihan area sangat perlu dilaksanakankegiatan ini dilaksanakan secara berkala dengan tujuan menjamin keselamatan penerbangan baik sipil maupun militer dan juga meningkatkan budaya safety pada seluruh anggota Lanud Adisutjipto”, jelasnya.

Sementara Kadisops Lanud Adisutjipto selaku penanggung jawab kegiatan menambahkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan rasa kepedulian warga Lanud Adisutjipto betapa pentingnya keselamatan terbang dan kerja, terutama mengenai bahaya KOBA atau benda benda asing yang dapat mengganggu kegiatan penerbangan seperti logam, plastik, batu-batuan maupun benda yg kemungkinan besar bisa merusak pesawat terbang.

“Saya juga  menekankan agar pelaksanaan semua kegiatan Lanud Adisutjipto, baik dalam operasi penerbangan maupun dalam pelaksanaan tugas rutin, senantiasa harus selalu mengutamakan keselamatan dalam segala aspek tugas”, pungkasnya.

Jamin Keselamatan, Korve Koba dilaksanakan di Lanud Adisutjipto

Jamin Keselamatan, Korve Koba dilaksanakan di Lanud Adisutjipto

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel