Berita

Jangan Lupa Bayar Zakat Fitrah

Dibaca: 6 Oleh 01 Jul 2016Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Bertempat Di Masjid Al-Khabiir Kosekhanudnas II Ustadz DR H Syahrir Nuhun, Lc, M.Thi. menjelaskan pentingnya membayar zakat, Kamis (30/6). Seperti biasanya, menjelang berakhirnya bulan suci Ramadan, umat Islam berkewajiban membayar zakat fitrah. Penjelasan tentang pembayaran Zakat Fitrah sempat dihadiri para Asisten dan anggota Kosekhanudnas II baik Perwira,Bintara/Tamtama maupun PNS.

Di dalam hadits riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Al Hakim dari Ibnu Abbas dijelaskan: “Rasulullah SAW telah mewajibkan zakat fitrah untuk membersihkan orang yang berpuasa dari noda-noda perkataan dan perbuatan yang salah, dan untuk memberi makan kepada fakir miskin.

Zakat fitrah dibayarkan sebelum mengerjakan sholat hari raya. Jika zakat dibayar setelah sholat hari raya, maka namanya bukan zakat tapi sedekah biasa.

Jumlah zakat yang wajib dikeluarkan yakni satu gantang, yaitu 4 cupak makanan atau lebih kurang 3,5 liter atau 2,5 kilogram.

Zakat yang dikeluarkan berupa bahan makanan seperti kurma, gandum, beras, jagung, atau lainnya. Karena maksudnya untuk makanan fakir miskin, maka pembayaran zakat fitrah dapat diganti uang senilai bahan makanan itu. Tapi, setiap daerah mempunyai harga sendiri-sendiri.

Baca juga:  SAF Command and Staff College Kunjungi Lanud Adi

Hikmah yang terkandung dari zakat fitrah itu lebih besar daripada nilai zakat yang dikeluarkan. Dalam menghadapi kegembiraan hari raya, seorang Muslim harus mengingat nasib fakir miskin.

Hadits Rasulullah SAW menganjurkan, jika hendak membagi zakat fitrah atau zakat harta kepada fakir miskin, kenanglah lebih dulu fakir miskin dalam keluarga terdekat.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel