Berita

Jati Diri TNI Sebagai Tentara Merupakan Hasil Dari Pengalaman Sejarah Masa Lalu

Dibaca: 194 Oleh 18 Agu 2015Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

“Jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara pejuang, tentara nasional, merupakan hasil dari pengalaman sejarah masa lalu dan kehendak luhur para pendahulu TNI, negara, rakyat dan TNI termasuk didalamnya TNI Angkatan Udara, merupakan bagian dari sistem yang tidak terpisahkan dalam perjuangan mencapai kemerdekaan dan harus terus berupaya membangun dalam mengisi kemerdekaan NKRI”. Demikian pernyataan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna yang disampaikan kepada seluruh prajurit TNI AU, dalam amanat yang dibacakan Kepala Dinas Operasi Lanud Sultan Hasanuddin Letkol Pnb Dedy Ilham S. Salam selaku Inspektur Upacara Bendera tepat dihari kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2015, Senin (17/8) di Apron Galaktika Lanud Sultan Hasanuddin Makassar. Upacara yang penuh khidmat itu, diikuti seluruh anggota Lanud Sultan Hasanuddin, Wing 2 Paskhas, Batalyon Komando 466 Paskhas dan Denhanud 472 Paskhas baik Militer maupun Pegawai Negeri Sipil.

Selanjutnya Kasau mengatakan, tugas TNI Angkatan Udara dengan jelas telah tertuang dalam UU RI Nomor : 34 Tahun 2004, yaitu melaksanakan tugas TNI matra udara di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yuridiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi, melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

Baca juga:  Pangkat Baru, Semangat Baru

Dikatakan, sepanjang kita dapat melaksanakan tugas sebagaimana amanah undang-undang, maka sama halnya kita memenuhi harapan para pendahulu, sekaligus melaksanakan amanah dan harapan rakyat terhadap keberadaan TNI Angkatan Udara, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Seperti yang kita pahami bersama, bahwa tantangan tugas kedepan yang harus kita hadapi tidaklah semakin ringan, berbagai isu yang berkaitan dengan tugas-tugas TNI Angkatan Udara khususnya terhadap pelanggaran wilayah udara, memerlukan perhatian dan kecermatan kita dalam menentukan langkah-langkah antisipatif. (penhnd/2015)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel