Berita

Jawab Tantangan Tugas Pengawasan, 30 Pamen TNI AU Ikuti Diklat Auditor Ahli

Dibaca: 270 Oleh 04 Feb 2020Tidak ada komentar
Jawab Tantangan Tugas Pengawasan, 30 Pamen TNI AU Ikuti Diklat Auditor Ahli
#TNIAU 

Bogor, Dispenau. Menghadapi dinamika tantangan tugas bidang pengawasan di lingkungan TNI AU yang terus berkembang, 30 Perwira Menengah (Pamen) TNI AU berpangkat Mayor hingga Kolonel, mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Pembentukan Auditor Ahli Angkatan ke-3, yang dilaksanakan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Diklat yang akan berlangsung hingga akhir Februari 2020 ini, dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Udara (Kadisdikau) Marsma TNI Umar Rudianto, S. Sos., di Ciawi Bogor, Selasa (4/2/2020). Ikut hadir, Kapusdiklatwas BPKP, Dr. Sally Salamah, ak., M.Prof.Acc., CHRP., QIA.

Diklat ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan sikap profesional yang dilandasi kepribadian dan etika, agar dapat melaksanakan tugas-tugas pengawasan secara profesional, efesien dan efektif sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kadisdikau mengatakan, tugas auditor baik di lingkungan pemerintahan maupun di lingkungan TNI sendiri, tergantung dari perannya di dalam penugasan audit, antara lain sebagai pengendali mutu, pengendali teknis, anggota tim ataupun sebagai ketua tim.

“Jenis kegiatan auditor cukup beragam yang meliputi audit bidang keuangan, operasional, investigasi, inspeksi, maupun evaluasi kinerja. Oleh karena itu pelaksanaan diklat pembentukan auditor ahli merupakan hal yang wajib sebagai upaya untuk menjawab dinamika tantangan tugas auditor di lingkungan TNI AU yang terus berkembang dan menuju status Wajar Tanpa Pengecualian/WTP,” jelas Kadisdikau.

Baca juga:  Danlanud Atang Sendjaja Serahkan Santunan Watzah

Para peserta akan melaksanakan diklat selama 190 Jam pelajaran, dan dilanjutkan dengan ujian sertifikasi auditor berbasis computer pada tanggal 25 dan 26 Februari 2020, untuk mendapatkan status Jabatan Fungsional Auditor (JFA).

Materi Diklat meliputi Kode etik dan standar Audit Intern II, Manajemen Pemerintah Pusat II, Tata Kelolah, Manajemen Risiko dan pengendalian Intern II, Audit Intern II dan praktek-praktek Audit Kinerja, Audit investigasi, review keuangan dan praktek Audit Intern II-Evaluasi AKIP.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel