Berita

Jelang Hari Bakti Ke-71 TNI AU, Spotdirga Adakan Ceramah Bela Negara di Tarakan

Dibaca: 60 Oleh 19 Jul 2018Tidak ada komentar
Jelang Hari Bakti Ke-71 TNI AU, Spotdirga Adakan Ceramah Bela Negara di Tarakan
#TNIAU 

TNI AU.     Tarakan – Dispenau (19/7) Staf Potensi Dirgantara (Spotdirga) Kasau menyelenggarakan ceramah bela negara kepada pelajar SLTA, mahasiswa, dan organisasi kemasyarakatan Kota Tarakan dalam rangka memperingati Hari Bakti ke-71 TNI AU di Gedung KNPI Tarakan, Kamis (19/7/2018).

Dalam sambutan tertulis Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) Kasau Marsda TNI Agus Munandar yang dibacakan oleh Komandan Lanud Anang Busra Tarakan, Kalimantan Utara Kolonel Pnb M Arifin, S.T., mengatakan, pembinaan kedirgantaraan merupakan bagian dari pembinaan ketahanan wilayah matra udara. Peningkatan pemahaman tentang arti penting ketahanan wilayah udara dapat disampaikan melalui kegiatan ceramah bela negara.

“Kegiatan ini merupakan bentuk penyiapan komponen pendukung dan menggugah kembali kesadaran bela negara yang dilandasi rasa cinta tanah air dan bangsa, sehingga tumbuh jiwa nasionalisme dan berperan aktif yang positif dalam membangun dan memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” himbau Aspotdirga Kasau.

Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari tersebut diisi dengan beberapa materi antara lain pengenalan potensi dirgantara nasional dan sumber daya manusia, sumber daya alam dan buatan serta sarana dan prasarana. Sosialisasi bela negara tentang sejarah berdirinya NKRI, nilai-nilai bela negara, komponen pertahanan negara, sistem pertahanan semesta, dan empat konsensus dasar negara.

Baca juga:  Danlanud SIM Resmikan Monumen Helikopter Bell 204 B Iroquois

Selain itu juga diberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba bagi generasi muda bangsa Indonesia, dan sosialisasi Cyber Defence agar para peserta bertindak bijak dalam memanfaatkan tehnologi saat ini, serta kunjungan ke museum sejarah kota Tarakan untuk mengenang jasa pahlawan Kota Tarakan.

Dijelaskan, sesuai yang diamanahkan Undang-undang No 34 Tahun 2004 Pasal 10 menyebutkan bahwa tugas TNI AU adalah melaksanakan tugas TNI matra udara di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah yuridiksi nasional sesuai ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi, dan melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan kekuatan matra udara, serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

Selain itu dalam melaksanakan tugasnya dan perannya sebagai alat pertahanan, TNI AU juga melaksanakan fungsi pembinaan teritorial matra udara.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel