Berita

Jelang Hari Bakti ke-74 TNI Angkatan Udara, Pejabat Lanud Abd Saleh & Insub Lakukan Ziarah ke TMP Suropati

Dibaca: 0 Oleh 28 Jul 2021Tidak ada komentar
6 8
#TNIAU 

TNI AU.  Menjelang peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-74 pada tanggal 29 Juli 2021, pejabat Lanud Abdulrachman Saleh dan Insub meliputi Dandepo 30 Kol Tek RP Buulolo, Danwing 2 Kol Pnb Toto Ginanto, S.T., MAP., para Kadis, Karumkit dr M.Munir serta Ibu-ibu pengurus PIA Ardhya Garini Bakorcab Malang melaksanakan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Kota Malang, Rabu (28/7) yang dipimpin Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Zulfami, S.Sos., M.Han.

Menurut Ketua Panitia Peringatan ke-74 Hari Bakti TNI Angkatan Udara Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Pnb Heru Wardhana, S.Sos., sesuai ketentuan dari Markas Besar Angkatan Udara saat masih PPKM level 4 kegiatan ziarah rombongan yang merupakan salah satu kegiatan pokok dilaksanakan di TMP setempat dengan menerapkan protokol kesehatan Covid19 yang ketat. Ditambahkannya ziarah rombongan merupakan upaya mengenang perjuangan para pendahulu TNI Angkatan Udara yang telah mendarmabaktikan dirinya kepada bangsa dan negara.

Ditambahkannya, Hari Bakti TNI Angkatan Udara merupakan momen sejarah yang penting, yang ditandai gugurnya tiga perintis TNI Angkatan Udara yaitu Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir  Muda Udara Adi Sumarmo Wirjokusumo pada tanggal 29 Juli 1947 sore karena Pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan bantuan dari Palang Merah Malaya, ditembak jatuh oleh pesawat P-40 Kitty Hawk Belanda. Pesawat P-40 Kitty Hawk Belanda menembak Dakota VT-CLA sebagai serangan balasan kepada TNI Angkatan Udara yang telah mengebom tiga tangsi militer Belanda di Kota Semarang, Salatiga dan Ambarawa pada tanggal 29 Juli 1947 pagi melalui pesawat udara.

Baca juga:  PENDIDIKAN SUSMUDI RANMOR ANGKATAN KE- 6 DI TUTUP

Sehingga melalui ziarah rombongan ke TMP Suropati Malang diharapkan generasi penerus TNI Angkatan Udara yang berdinas di Lanud Abdulrachman Saleh mampu mengambil pelajaran dari pengorbanan para perintis TNI Angkatan Udara sebagai pendahulunya yang telah berjuang dan rela berkorban demi kejayaan TNI Angkatan Udara, bangsa dan negara.

Rangkaian acara ziarah rombongan meliputi penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, peletakkan karangan bunga oleh Danlanud Abdulrachman Saleh, penghormatan terakhir dan tabur bunga oleh peserta ziarah ke makam para pendahulu TNI Angkatan Udara yang dimakamkan di TMP Suropati.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel