Berita

Jelang Hari Bhakti, Atensi Untuk Monumen Ngoto

Dibaca: 16 Oleh 27 Jul 2016Tidak ada komentar
Jelang Hari Bhakti, Atensi Untuk Monumen Ngoto
#TNIAU 

Jelang peringatan Hari Bhakti TNI AU yang jatuh tanggal 29 Juli mendatang, Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto kembali menjadi pusat perhatian pimpinan TNI AU. Sebanyak kurang lebih 100 orang personel Lanud Adisutjipto dari tiap-tiap satker melaksanakan korve atau kerja bakti massal membersihkan area Monumen Ngoto dan sepanjang jalan menuju ke arah Monumen Ngoto, Senin (25/7).

Monumen Ngoto adalah tempat bersejarah dimana pada tanggal 29 Juli 1947 pesawat VT-CLA yang ditumpangi Adisutjipto, Abdulrachman Saleh dan Adi Soemarmo jatuh setelah ditembak pesawat Kitty Hawk Belanda. Di lokasi tersebut, selain dibangun monumen sebagai tanda perjuangan TNI AU melawan penjajah Belanda, juga dimakamkan jasad Adisutjipto dan Abdulrachman Saleh dengan para istri.

Sebelum tahun 2000 makam Adisutjipto maupun Abdulracman Saleh terletak terpisah, yaitu di tempat Pemakaman Umum Kuncen I dan Kuncen II. Namun sebagai bentuk perhatian TNI AU atas jasa-jasa beliau, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Hanafi Asnan memindahkan kedua makam tersebut dalam satu lokasi. Dipilihnya desa Ngoto, selain karena pertimbangan sejarah di tempat itu juga terletak monumen milik TNI AU. Pada tanggal 13 Juli 2000 makam kedua Pahlawan Nasional tersebut dipindah dan disandingkan di lokasi monumen, yang kemudian dikenal dengan nama Monumen Perjuangan TNI AU.

Baca juga:  Kuker Kasau di Lanud Jayapura

Kasi Fasint Lanud Adisutjipto Letkol Kal Agus Fiyanto menyampaikan bahwa area sekitar Monumen Ngoto cukup luas dan memerlukan pembersihkan secara berkala. Untuk area Monumen Ngoto sendiri sudah ada personel khusus yang melaksanakan pemeliharaan tetapi jalan masuk sebelum area Monumen Ngoto memang perlu untuk lebih diperhatikan dan dibersihkan sebagai wujud bhakti juga kepada masyarakat perkampungan yang dilewati di sekitar Ngoto.

Kasi Binjas Lanud Adisutjipto Letkol Kes Lalu Hadi S.Pd. selaku penanggungjawab Ziarah Ngoto menyampaikan bahwa rangkaian peringatan Hari Bhakti akan dilaksanakan Ziarah Nasional TNI AU yang dipimpin langsung oleh Kasau Marsekal TNI Agus Supriyatna, kemudian dilanjutkan dengan malam Tirakatan yang diikuti juga oleh masyarakat sekitar Monumen Ngoto. Dalam waktu bersamaan juga malam itu dilaksanakan sambung rasa yang bertempat di Gedung Handrawina AAU. Pagi harinya Jumat 29 Juli 2016, pukul 04.00 Wib. akan dilaksanakan Napak tilas penyerangan 3 kota Ambarawa, Salatiga dan Semarang. Selanjutnya puncak acara akan dilaksanakan Upacara peringatan Hari Bhakti dengan Inspektur Upacara Kasau Marsekal TNI Agus Supriyantna di Lapangan dirgantara AAU dan dilanjutkan wisuda purna Pati di Gedung Sabang Merauke AAU.

Baca juga:  WASPADAI PEMALSUAN DOKUMEN

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel