Berita

Jelang HUT TNI ke 69 Personil Lanud Sjamsudin Noor Latihan Defile

Dibaca: 1 Oleh 03 Okt 2014Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Dalam rangka menghadapi persiapan Peringatan HUT TNI ke 69 tanggal 5 Oktober 2014 mendatang, para Perwira, Bintara dan Tamtama Lanud Sjamsudin Noor melaksanakan latihan Defile dan Parade di Sepanjang Jalan VIP I Lanud SAM usai apel pagi, Kamis (2/10). Latihan didahului brainstorming mengenai teknis gerakan ditempat dengan senjata maupun pedang, dan saat defile/langkah tegap oleh Letda Kes Dian Para Indrawan, Kasubsi Binjas Lanud SAM. Penjelasan diikuti peragaan prajurit sebagai peraga didepan pasukan. Dengan demikian akan menimbulkan kesamaan persepsi dan gerakan saat latihan seluruh prajurit, selain itu latihan ini bertujuan untuk menyegarkan beberapa keterampilan keprajuritan dalam kegiatan upacara kebesaran dan sebagai upaya pelestarian nilai-nilai disiplin dan loyalitas dalam hubungan kerja yang lebih solid, profesional dan terjalin rasa kebersamaan bagi prajurit TNI.

Peraturan Militer Dasar (Permildas) yang sudah menjadi ketentuan wajib bagi setiap prajurit harus terjaga baik. Defile yang merupakan bagian dari Peraturan Baris Berbaris (PBB) ini, memiliki nilai kedisiplinan yang penting guna membentuk seorang prajurit yang disiplin baik dalam keseharian maupun tugas. Salah satunya penguasaan sikap dalam defile yang merupakan suatu wujud latihan fisik, guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan yang harus sudah dimiliki bagi setiap prajurit TNI maupun PNS TNI.

Baca juga:  Komandan Lanud Adi Soemarmo Buka Lattis Sejurba Jasmil A-17

Selain itu ajang ini juga merupakan kesempatan untuk meningkatkan dan menunjukkan kualitas atau mutu pembinaan satuan yang dapat dilihat dari cara mereka melakukan Defile seperti kelengkapan personel, kerapihan, kekompakan, keseragaman, kerjasama, intonasi aba-aba oleh tiap komandan serta semangat dalam melaksanakan gerakan-gerakan tanpa ada kesalahan.

Dalam latihan Defile tersebut kegiatan diawasi langsung oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., M.A. dan para Kepala Dinas Lanud SAM serta para pejabat Lanud SAM lainnya. Sekitar dua jam latihan defile berlangsung yang diakhiri dengan peragaan bongkar pasang senjata laras panjang dan pistol.

Menurut Komandan Lanud SAM latihan parade/defile dilaksanakan untuk menyegarkan kemampuan setiap prajurit agar senantiasa sigap, kompak dan membanggakan pada penampilan Peringatan HUT TNI ke 69 tanggal 5 Oktober 2014 mendatang dan sebagai persiapan apabila suatu saat harus tampil dalam upacara-upacara kebesaran lainnya. Latihan ini dilaksanakan dan dipersiapkan tidak hanya waktu mendekati event HUT TNI saja, akan tetapi latihan ini sudah menjadi agenda Lanud SAM yang biasanya dilaksanakan setiap hari Senin usai apel pagi, “kita harus memberikan penampilan yang terbaik pada event HUT TNI ke 69 mendatang, selain itu juga kita telah diberikan kepercayaan untuk menjadi panitia pelaksana dalam peringatan HUT TNI ke 69 ini, jadi berikan yang terbaik demi kebanggaan satuan kita khususnya TNI AU”, tegasnya.

Baca juga:  Kunjungan Kerja Dirkes Ditjen Kuathan Kemhan ke RS AU Lanud El Tari

Latihan berlangsung dengan penuh khidmat walaupun ditengah jalannya latihan diselimuti kabut asap yang sedang melanda dikawasan sekitar wilayah Lanud SAM, namun seluruh peserta latihan tak ada satupun yang bergeming untuk meninggalkan tempat pelaksanaan latihan hingga latihan selesai.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel