Berita

Jelang Peringatan Hari Bakti TNI AU ke-72, Personel TNI AU Malang Ziarah ke TMP Suropati

Jelang Peringatan Hari Bakti Tni Au Ke-72, Personel Tni Au Malang Ziarah Ke Tmp Suropati
#TNIAU 

TNI AU.  Menjelang peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-72 pada tanggal 29 Juli 2019 mendatang, para personel TNI Angkatan Udara yang berdinas di Malang Raya melaksanakan acara ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati, Kota Malang, Minggu (28/7).

Ziarah dipimpin Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang Marsekal Pertama (Marsma) TNI Hesly Paat diikuti para pejabat dan anggota dari Lanud Abdulrachman Saleh, Depo Pemeliharaan (Depohar) 30, Batalyon Komando (Yonko) Paskhas 464, Detasemen Matra (Denmatra) 2 Paskhas, Satuan Radar (Satrad) 221 Ngliyep, Sekolah Bahasa (Sesa) Abdulrachman Saleh dan Gudang Persedian Pusat 5.

Rangkaian acara ziarah meliputi penghormatan kepada arwah pahlawan oleh pimpinan ziarah, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, tabur bunga dan penghormatan terakhir. Selanjutnya dilaksanakan tabur bunga di makam para pendahulu TNI Angkatan Udara yang di makamkan di TMP Suropati,Malang. Acara ziarah diikuti pula oleh Ketua Cabang PIA Ardhya Garini Cabang 3/II dan segenap pengurus serta sesepuh TNI Angkatan Udara Malang Raya.

Menurut Ketua Panitia Peringatan Hari Bakti TNI ke-72 Lanud Abdulrachman Saleh Letkol Sus Muh. Aziz Arifin, S.H., M.H., sebelum ziarah pada Minggu (28/7), telah dilaksanakan karya bakti di TMP Suropati, Malang pada Jumat (26/7) oleh sekitar 50 personel TNI Angkatan Udara ‘berupa pembersihan lapangan apel TMP serta merapikan dan pengecatan makam anggota TNI Angkatan Udara.

Peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-72 tahun 2019 bertema “Bakti Pahlawan Udara Menjadi Tonggak Sejarah, Bakti Generasi Penerus Membangun Kejayaan Angkatan Udara.” Kegiatan peringatan di Lanud Abdulrachman Saleh  dilaksanakan secara sederhana dengan beberapa kegiatan sosial seperti donor darah, karya bakti TMP, ziarah ke TMP, upacara peringatan, wisuda purnabakti dan bakti sosial.

Hari Bakti TNI Angkatan Udara diperingati setiap tahun dilatarbelakangi oleh peristiwa tertembaknya pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan sumbangan dari Palang Merah Malaya untuk PMI, yang ditembak jatuh pesawat pemburu P-40 Kitty Hawk Belanda pada 29 Juli 1947. Di dalam pesawat tersebut terdapat tiga perintis Angkatan Udara yaitu Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adi Sumarmo Wirjokusumo.  Tempat jatuhnya Pesawat Dakota VT-CLA kemudian  dibangun Monumen Ngoto yang kemudian diubah menjadi Monumen Perjuangn TNI Angkatan Udara. Di kompleks monumen tersebut tiap tahun dilaksanakan rangkaian acara peringatan secara terpusat oleh TNI Angkatan Udara guna menghargai jasa para pahlawan nasional dari TNI Angkatan Udara.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel