Berita

Jelang Pilpres 2019, Lanud Adisutjipto Gelar Latihan PHH

Jelang Pilpres 2019, Lanud Adisutjipto Gelar Latihan PHH
#TNIAU 

TNI AU. Dinas Operasi Lanud Adisutjipto menggelar latihan penanggulangan pasukan Anti Huru Hara (PHH) dalam rangka pelaksanakan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 yang berlangsung di halaman depan DAAU Lanud Adisutjipto. Rabu (27/2). Melibatkan ratusan anggota yang terdiri dari Kompi cadangan Lanud Adisucipto,  Pomau, Staf Hukum serta pasukan Brigade Anjing (Brigan).

Sebelum latihan, juga dilaksanakan sosialisasi netralitas TNI oleh Mayor Sus Umawati dari Staf Hukum Lanud Afisutjipto. Dalam sosialisasinya disampaikan bahwa TNI harus bersikap netral. TNI tidak diperkenankan menjadi anggota KPU, anggota Panwaslu, Panitia Pendaftaran Pemilih maupun menjadi peserta dan juru kampanye serta tim sukses. TNI juga tidak boleh memobilissi semua organisasi sosial, keagamaan maupun ekonimi untuk kepentingan partai politik maupun kandidat tertentu.

Simulasi PHH yang dimulai usai apel pagi menggunakan skenario massa melakukan demo terkait berbagai simpatisan yang tidak puas terhadap salah satu caleg dalam pemilu. Demo yang semula berjalan tertib, meningkat dan mengarah ke tindakan anarkis. Massa terus memprovokasi personel TNI AU dan melempari dengan barang-barang yang ada di sekitar mereka. Untuk meredam agar suasana tidak berubah menjadi kacau, personel pengamanan yang sudah diturunkan sejak awal telah menangkap beberapa orang yang dianggap sebagai provokator. Setelah dilakukan tindakan tegas, perlahan-lahan para pendemo dapat dipaksa mundur dan membubarkan diri.

Namun demikian suasana dan cuaca yang semakin panas menjadikan beberapa demonstran memprovokasi massa dan keadaan semakin tidak terkendali.   Pasukan Pertahanan Pangkalan dari lanud Adisutjipto membentuk brikade dan berupaya menahan emosi dengan merapatkan barisan dan tetap berupaya menenangkan massa.  Akhirnya pasukan PHH (pasukan anti huru hara) pengaman diturunkan untuk menghalau demonstran yang dianggap provokator.  Kekuatan pasukan PHH ditambah dengan menurunkan anjing dari Brigan Pomau.  Akhirnya Para demonstran berhasil dibubarkan.

Demikian skenario simulasi penanggulangan PHH disampaikan oleh Kasi Kamhanlan Mayor Pas Indra Feri pada saat latihan. Latihan PHH ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Lanud Adisutjipto untuk mengantisipasi apabila terjadi unjuk rasa di lingkungan Lanud Adisutjipto dan bandara, sekaligus latihan PHH ini juga mempersiapkan kemungkinan yang terjadi di lingkungan Lanud Adisutjipto dalam rangka menghadapi pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel