Berita

Jiwa Airmanship Harus Tetap Dibangun

Dibaca: 25 Oleh 10 Apr 2017Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

“Membangun suatu negara, membangun ekonomi, membangun teknik, membangun pertahanan adalah pertama tama, dan tahap utamanya adalah membangun jiwa. Mencermati hal tersebut, jiwa prajurit penjaga dirgantara bukan hanya pintar tapi harus dilandasi dengan jiwa ksatria, militan, loyal, dan profesional, yang saya rangkum sebagai jiwa airmanship”, demikian sambutan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP pada upacara memperingati HUT TNI Angkatan Udara Ke-71 yang dibacakan Kaskoopsau II Marsma TNI Donny Ermawan yang bertindak sebagai Inspektur Upacara memperingati HUT TNI AU Ke-71 di lapangan Mako I Koopsau II, Makassar, Minggu (9/4).

Upacara diikuti seluruh anggota Militer dan Pegawai negeri Sipil Koopsau II, Kosekhanudnas II, Lanud Sultan Hasanuddin , Wing 2 Paskhas, Denhanud 472 dan Batalyon Komando 466 Paskhas. Upacara yang dilaksanakan secara sederhana namun penuh khidmat di hari jadi ke-71 TNI AU itu mengusung tema “Dilandasi jiwa ksatria, militan, loyal dan profesional, TNI Angkatan Udara bersama rakyat siap menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Baca juga:  Latihan PHH Di Lanud Pangeran M. Bun Yamin

Selanjutnya Kasau menyampaikan, bahwa begitu pentingnya membangun mental prajurit yang memiliki jiwa ksatria, militant, serta memiliki loyalitas yang tinggi. “pintar tidak diimbangi dengan sifat ksatria tidak akan bertanggung jawab, pintar tanpa militansi akan mudah menyerah dan pintar tidak punya loyalitas akan menjadi disertir”, demikian tegas Kasau.

Kasau juga menekankan kepada seluruh airmanship, agar selalu bertindak dan bersikap sesuai dengan kode etik prajurit TNI, yakni Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, dan Sebelas Asas Kepemimpinan. Disamping itu, salah satu konsekuensi logis dari airmanmship adalah, faktor keselamatan terbang dan kerja yang menjadi tolak ukur keberhasilan dalam setiap embanan tugas.

Usai upacara parade dirangkaikan dengan syukuran di loby Makoopsau II yang dihadiri beberapa pejabat TNI dan Undangan. Rangkaian acara HUT ke-71 TNI AU khususnya di Makassar akan dilanjutkan dengan kegiatan yang tak kalah meriah yakni Bulan Dirgantara 2017 dengan menggelar Makassar Air Show, Air Force Run, Drag Race and Auto Contest, yang akan dipusatkan di Lanud Sultan Hasanuddin dan Anjungan Pantai Losari pada 22 dan 23 April mendatang.

Baca juga:  Sidang panthokirda Tamtama Gel I Lanud Maimun Saleh 2019

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel