Berita

Jogja Airshow 2014 pecahkan 2 rekor MURI

Dibaca: 3 Oleh 03 Mar 2014Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Gelaran Jogja Airshow 2014, kali ini merupakan catatan tersendiri bagi panitia. Karena sebanyak 1328 peserta terdiri dari 19 Fasi dan perwakilan dari Negara Malaysia, Philipina, Korea Selatan, Thailand ikut memeriahkan JAS 2014. Berbagai rekor telah tercatat di tahun 2014. Selain di hadiri oleh Menpora KRMT Roy Suryo, tercatat pula prestasi yang tak kalah mentereng dengan pengukuhan pantai Depok, Parang Tritis, Parang Kusumo sebagai Indoensian Aerosport Center.

Sementara itu senior manager Paulus Pangka SH dari Museum Rekor Indonesia mengatakan untuk penerjunan dengan pita terpanjang 1000 M hari ini telah terpecahkan yang sebelumnya pita terpanjang diraih oleh Fasi Sulawesi tahun 2011. Dengan ketinggian 5000 feet Letkol Kes DR Yulianto Hadi MM berhasil menuntaskan tugasnya yang beberapa hari sebelumnya secara intensif telah melakukan latihan dengan ketinggian 8000 Feet. “alhamdulilah.ucapnya, faktor kesulitan yang terbesar kali ini adalah karena angin yang berkisar 8-11 knots yang biasanya hanya maksimal 8 Knots. Faktor kesulitan kedua untuk mengurai pita yang panjangnya 1000 m perlu membutuhkan kecepatan dan menjaga agar tidak terbelit, jelasnya.

Baca juga:  TIM MENEMBAK PISTOL KOOPSAU I SUKSES MERAIH 4 MEDALI

Sebelum atraksi pemecahan rekor ini telah didahului penerjuanan dari seluruh Fasi yang mengikuti dan tercatat 37 penerjun. Usai mendarat di bibir pantai Depok Letkol Yuli langsung menuju runway dan melakukan sujud syukur, dan diringi tangis haru dari seluruh penerjun dan hadirin yang ada.

Rekor MURI yang kedua yang berhasil dipecahkan adalah pelemparan chuck gleder terbanyak yang tercatat 786 chuck gleder. Dilakukan oleh siswa SMA dan SMK Angkasa Lanud Adisutjipto.Paulus Pangka SH dalam keteranganya mengatakan bahwa rekor ini tercata rekor yang ke 6387 dan 6388. Penerima rekor MURI Pita terpanjang Menpora KRMT Roy Suryo dan Pemrakarsa Pemeparan Chuck gleder oleh Marsma TNI Agus Munandar, SE, sedang Letkol Yuli sebagai pelaksana dan Ny Agus Munandar juga sebagai pemrakarsa 2 chuck Gleder,

JAS 2014 kali ini telah menyelenggarakan cabang olah raga terjun paying, terbang laying,aeromodelling, gantole, paralayang, para motor, microlight, pesawat swayasa, sepatu roda,lomba foto, aerobatic pesawat JAT dan Mustang serta pengobatan massal.

Komandan Lanud Adisutjipto dalam sesi wawancara mengatakan “bahwa JAS selain memberikan wadah kepada olah ragawan dirgantara, juga untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat” tegasnya.

Baca juga:  Danlanud SIM Sambut Kedatangan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel