Berita

JUNGAR KOMPI D “BS” PASKHAS DI LANUD EL TARI

Dibaca: 6 Oleh 21 Mei 2010Tidak ada komentar
JUNGAR KOMPI D “BS” PASKHAS DI LANUD EL TARI
#TNIAU 

Kompi D “BS” Paskhas melaksanakan Terjun Penyegaran (jungar) di Lanud El Tari. Jungar merupakan kegiatan terjun sebagai latihan tahunan yang dilaksanakan oleh seluruh Satuan jajaran Pasukan Khas Angkatan Udara guna meningkatkan Profesianalisme dan kesiapan kemampuan setiap prajurit Paskhas AU, khususnya di Kompi D “BS” Paskhas, Kamis (11/3).

 

Kegiatan terjun penyegaran (jungar) ini bertujuan Edukatif, yaitu untuk meningkatkan kemampuan tempur prajurit Kompi D “BS” Paskhas dalam menghadapi tugas kedepan, Kedua, Analisis yaitu untuk menganalisa dan menguji prosedur serta penerapan petunjuk teknis pembinaan latihan satuan, Ketiga, Integritas yaitu untuk menciptakan kesamaan dalam pola pikir, sikap dan pola tindak agar terwujud satu kesatuan dalam pelaksanaan tugas operasi.

 

Prosedur pelaksanaan penerjunan dilaksanakan dengan stik per stik terdiri dari 1 regu atau stik yang tersusun dalam 2 shorty. Dalam pelaksanaan jungar di Kompi D “BS” Paskhas akan diawali dengan Komandan Kompi D “BS” Paskhas sebagai penerjun pertama yaitu Kapten PSK Helmi Ardiyanto Nange, SE. Kemudian diikuti seluruh anggota Kompi D “BS” Paskhas sebagai penerjun selanjutnya sebanyak 72 personel yang dibagi dalam 2 shorty, 48 personel shorty pertama dan 24 personel shorty kedua.

Baca juga:  Personel Kosekhanudnas IV Bersihkan TMP Cendrawasih Biak

 

Dalam kegiatan penerjunan, baik para dasar, terjun penyegaran maupun terjun operasi memerluka 7 orang jump Master yang bertugas dan bertanggung jawab dalam penyiapan personel dalam latihan (ground training) dan pelaksanaan penerjunan. Ada 4 faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam kegiatan penerjunan yaitu Peterjun, Parachute (payung terjun), Jumping master dan Pesawat. Apabila keempat faktor pendukung tersebut bekerja dengan baik maka kegiatan penerjunan akan berjalan dengan lancar. Dalam pelaksanaan Jungar kali ini menggunakan Parachute MC 1-1 C buatan Germany.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel