Berita

Junggar dan Binpotdirga di Lanud El Tari

Oleh 26 Feb 2019 Februari 27th, 2019 Tidak ada komentar
Junggar dan Binpotdirga di Lanud El Tari
#TNIAU 

TNI AU. Lanud El Tari menggelar acara pembinaan potensi dirgantara (Binpotdirga) bersamaan dengan terjun penyegaran Kompi  C Yonko 466 Paskhas Kupang dengan menggunakan pesawat C-130 Hercules A-1332 dengan Kapten Pilot Kapten Pnb Endrik Purwanto, beserta 12 crew dari Skadud 32 Lanud Abd Saleh Malang.  Jumlah peterjun siang hari 51 orang dengan 1 sortie Penerbangan yang terdiri dari terjun Statik 2 Run dengan jumlah 28 orang dan Free Fall 2 Run jumlah 23 orang dari atlit TNI AU Wanita Angkatan Udara.  Danlanud El Tari Kolonel Pnb Arief Hartono,S.H yang didampingi  pawas mako Mayor Pas Verial T. dan  Mayor Pas Armianto N. dan para pejabat di Lanud El Tari menyaksikan Langsung penerjunan oleh Kompi  C  Yonko 466 Paskhas Kupang yang  bertempat di Grasstrip Runway Lanud El Tari. kegiatan tersebut dihadiri oleh para siswa-siswi Pramuka Saka Dirgantara serta anak-anak  sekolah TK, SD, SMP Angkasa dan masyarakat sekota Kupang.  Senin (25/02).   

Komandan Lanud El Tari Kolonel Pnb Arief Hartono,S.H  yang didampingi oleh Komandan Kompi C  Yonko 466 Paskhas Kupang memberikan keterangan Pers Di sela-sela  para pengunjung, bahwa kegiatan terjun payung ini merupakan agenda rutin tahunan Paskhas untuk membina dan meningkatkan kemampuan prajurit Paskhas guna menunjang kesiapan operasional, sedangkan acara Binpotdirga merupakan rangkaian kegiatan Lanud El Tari guna mensosialisasikan  tugas, peran, dan eksistensi keberadaan Angkatan Udara ditengah-tengah masyarakat NTT.  Diharapkan dengan kegiatan ini dapat membangun komunikasi positif antara masyarakat dengan TNI AU sehingga terjalin sinergitas dalam pelaksanaaan tugas serta ikut berpartisipasi dalam pembangunan daerah.  Pelaksanaan Binpotdirga yang diiringi dengan pelaksanaan terjun payung dari Paskhasau ini diharapkan dapat menjaring animo masyarakat untuk semakin cinta dan dekat terhadap TNI AU  dan beramai-ramai berkeinginan mendaftar dan menjadi keluarga besar Angkatan Udara.

Tidak disangka ketika menjelang sholat magrib, mendadak Danlanud El Tari  mendapatkan informasi sangat genting dari intelijen Lanud El Tari, bahwa ada Pejabat Pemda di Sandra oleh sekelompok orang bersenjata di Vip Bandara El Tari. Sementara lingkungan sekitar VIP Pemda telah berhasil diambil alih oleh kelompok bersenjata tersebut. Tidak ada jalan lain untuk menuju ke VIP Pemda selain harus melaksanakan Infiltrasi melalui udara. Seketika itu juga  Danlanud El Tari langsung memerintahkan kepada Kadis Ops Lanud El Tari Letkol Pas I Made Sumadra ,S.pd dan para pejabat Lanud El Tari , Kompi C Yonko 466 Paskhas dan crew pesawat untuk konsolidasi menanggapi kejadian yang tidak disangka-sangka itu. Dari hasil koordinasi Danlanud El Tari dengan para pejabat yang ada, telah disepakati bahwa jajaran Pomau untuk  melaksanakan negoisasi terhadap sekelompok orang bersenjata yang ingin mengacaukan suasana dengan menyandra pejabat daerah. Namun usaha negoisasi tersebut gagal dan  tidak  membuahkan hasil. Akhirnya bersamaan dengan stanby nya pesawat C-130 Hercules A.1332 yang sedang melaksanakan melaksanakan misi Junggar Kipan C Yonko 466 Paskhas Kupang diperintahkan  untuk segera melumpuhkan penyandra pada pukul 10.30 UTC. Dengan 1 shorti, 2 run dengan run pertama 15 orang dan run kedua 14 orang dengan jumlah 29 orang untuk diterjunkan diarea vip Bandara El Tari yang dikuasai sekelompok bersentaja dengan gerakan senyap. Gerakan senyap yang diperintahkan Danlanud El Tari telah berasil melumpuhkan sekelompok orang bersenjata yang menyandra pejabat pemda NTT. Demikian pelaksanaan simulasi yang digelar oleh Lanud El Tari bersama dengan Paskhas Kompi C Yonko 466 Paskhas Kupang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel