Berita

“JUPITER AEROBATIC TEAM” GO INTERNASIONAL

Dibaca: 17 Oleh 27 Jun 2012Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Team aerobatic TNI AU kebanggaan masyarakat Indonesia “The Jupiter Aerobatic Team” akan tampil di Bangkok sebagai pentas Internasional pertamanya. Tim Jupiter berangkat meninggalkan Home Basenya di Lanud Adisucipto Yogyakarta. Bersama dengan Tim musik “Air Force Band” Lanud Adisutjipto akan memeriahkan acara peringatan “100 Tahun Aviation” di Bangkok Thailand dari tanggal 24 Juni sampai dengan 3 Juli 2012. Tim Jupiter akan menampilkan atraksi aerobatic melukis udara di atas bandara Don Muang dan diatas langit Kota Bangkok. Rombongan Team Aerobatik dengan warna pesawat merah dan putih tersebut terdiri dari tujuh pesawat jenis KT-1B Wong Bee dari Skadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto dan didukung dua buah pesawat C-130 Hercules TNI AU untuk mengangkut personil dan peralatan pendukung.

Rombongan terdiri dari anggota Tim Jupiter yang terdiri dari para Instruktur Penerbang TNI AU dari Lanud Adisutjipto dibawah pimpinan Flight Leader Letkol.Pnb.Dedy Susanto dengan Team Supervisor yaitu Kolonel Pnb.Anang Nurhadi, para tehnisi pesawat KT-1B dari Skadik 102 dan Skatek 043 Lanud Adisutjipto serta anggota Air Force Band. Personel rombongan yang berjumlah 65 orang tersebut berada dibawah Mission Commander (pimpinan) Kolonel Pnb M. Khairil Lubis.

Keberangkatan rombongan Tim Jupiter menempuh beberapa persinggahan dengan berangkat pada hari Minggu 24 Juni 2012 dengan rute Lanud Adisutjipto Yogyakarta – Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta – Lanud Palembang – Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru – Lanud Suwondo Medan – Lanud Hat Yai – Lanud Prachuap – Lanud Don Muang Bangkok. Rombongan menginap atau RON (Remain Over Night) di kota Palembang dan kota Medan sebelum terbang kembali untuk memasuki wilayah udara Thailand pada hari Selasa tanggal 26 Juni 2012 dan mendarat di Don Muang Bangkok.

Tim Aerobatik Jupiter direncanakan akan menampilkan atraksi “High Show” saat cuaca baik dimana cuaca baik dan awan sedikit atau tinggi, dan melaksanakan atraksi “Low Show” saat cuaca diselimuti ketinggian dasar awan rendah yang tidak memungkinkan manover vertikal. Adapun maneuver saat cuaca cukup baik untuk maneuver vertical antara lain : Jupiter Roll, Loop, XClover Leap, Jupiter Wheel, Mirror, Tango to Diamond, Kite Barrel dan Jupiter Roll back. Sedangkan manover saat tidak memungkinkan manover vertical adalah Jupiter Roll, Hi “G” Turn, Jupiter Wheel, Screw Roll, Mirror, Roll Slide dan Break Off.

Tujuan kehadiran Tim Aerobatik TNI AU Jupiter dalam perayaan 100 Tahun Aviation Thailand adalah menjalin hubungan persahabatan antara kedua Negara dan khususnya kedua Angkatan Udara, yang dalam hal ini diwakili oleh penampilan Tim Aerobatik TNI AU. Tujuan lainnya adalah untuk memperkenalkan kepada dunia tentang kemampuan Tim Aerobatik TNI AU untuk tampil di pentas internasional. Sekaligus menunjukkan bahwa bangsa Indonesia juga memiliki putra-putra bangsa yang tidak kalah bersaing dalam kancah kedirgantaraan dunia.

“JUPITER AEROBATIC TEAM” GO INTERNASIONAL

Baca juga:  DANLANUD IWJ SERAHKAN MESIN POTONG RUMPUT DAN BINGKISAN LEBARAN

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel