Berita

Jupiter Aerobatic Team Tinggalkan Medan

Dibaca: 6 Oleh 05 Jul 2012Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Team Aerobatic TNI AU kebanggaan masyarakat Indonesia “The Jupiter Aerobatic Team” (JAT), Senin, (2/7) berangkat meninggalkan Lanud Soewondo Medan, setelah ikut memeriahkan pesta kedirgantaraan dalam rangka “100 Years Thailand Aviation” di Bandara Don Muang Bangkok pada tanggal 29-30 Juni 2012.

Rombongan JAT yang berjumlah 65 orang tersebut berada di bawah Mission Commander (pimpinan) Komandan Wingdik Terbang Kolonel Pnb M. Khairil Lubis. Untuk Tim Aerobatik Jupiter sendiri terdiri dari 12 Instruktur Penerbang TNI AU dari Lanud Adisutjipto di bawah pimpinan Flight Leader Letkol Pnb. Dedy Susanto. Tim didampingi Team Supervisor Kolonel Pnb. Anang Nurhadi. Tim Jupiter juga disertai oleh para teknisi pesawat KT-1B dari Skadik 102 dan Skatek 043 Lanud Adisutjipto.

Keberangkatan Jupiter Aerobatik Team dari Lanud Soewondo diantar oleh Panglima Kosek Hanudnas III, Marsekal Pertama TNI Yuyu Sutisna, SE, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb A. Rasyid Jauhari, dan para Asisten Kosek Hanudnas III. Rombongan Team Aerobatik dengan warna pesawat merah dan putih tersebut terdiri dari tujuh pesawat jenis KT-1B Wong Bee dari Skadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto dan didukung dua buah pesawat C-130 Hercules TNI AU untuk mengangkut personil dan peralatan pendukung. Rombongan tersebut menempuh beberapa persinggahan dengan rute Lanud Soewondo-Lanud Rusmin Nuryadin-Lanud Palembang-Lanud Tanjung Pinang. Tim Aerobatik Jupiter direncanakan akan menampilkan atraksi aerobaticnya kembali diatas langit kota Tanjung Pinang, apabila saat cuaca baik.

Adapun Tujuan kehadiran Tim Aerobatik TNI AU Jupiter dalam perayaan 100 Tahun Aviation Thailand adalah menjalin hubungan persahabatan antara kedua Negara dan khususnya kedua Angkatan Udara, yang dalam hal ini diwakili oleh penampilan Tim Aerobatik TNI AU. Tujuan lainnya adalah untuk memperkenalkan kepada dunia tentang kemampuan Tim Aerobatik TNI AU untuk tampil di pentas internasional, sekaligus menunjukkan bahwa bangsa Indonesia juga memiliki putra-putra bangsa yang tidak kalah bersaing dalam kancah kedirgantaraan dunia.

Baca juga:  LETKOL TEK ASFAN JAUHARI KADISLOG YANG BARU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel