Berita

Jupiter Aerobatic Team, Untuk Pertama Kalinya Akan Tampil di Langit Iswahjudi

By 15 Apr 2019 April 16th, 2019 No Comments
jupiter_JAT
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Tim aerobatik TNI AU “Jupiter Aerobatic Team” (JAT) yang diawaki oleh para Instruktur Penerbang Lanud Adi Sutjipto Yogyakarta untuk pertama kali akan tampil di acara Open House Iswahjudi tanggal 28 April 2019 mendatang.

Jupiter Aerobatic Team (JAT) merupakan tim aerobatik TNI AU, sekaligus kebanggaan bangsa Indonesia. Berbagai event Nasional maupun event Internasional telah banyak di jalani. Event Internasional antara Lain : Singapore Airshow, Maritime and Aerospace Exhibition (LIMA) di Malaysia Langkawi Air Show, event Centennial of The RTAF Founding Fathers’ Aviation, event nasional antara lain HUT Kemerdekaan RI ke 73, The Indonesian National Armed Forces Mandalika International Marathon 2018 di Lombok. JAT terbentuk pada tahun 1996 dan menggunakan 4 pesawat jet tempur Hawk MK-53 buatan Inggris. Namun JAT sempat vakum pada tahun 2002. Hingga pada tahun 2008 mereka kembali dari kevakumannya dengan menggunakan pesawat latih KT-1B Woong Bee buatan Korea Selatan yang berjumlah 8 buah.

JAT berada di bawah Skadron Udara 102 Lanud Adisutjipto yang dikomandoi Letkol Pnb Marcellinus “Liger” Dirgantara. Pada 3 Maret 2009 silam, pria yang akrab disapa Marcel ini menjadi penerbang ke-24 yang berhasil meraih 1.000 jam terbang dengan pesawat F-5 Tiger II di Lanud Iswahyudi, Magetan, Jawa Timur.

Formasi The Jupiter saat ini dipimpin oleh Leader Letkol Pnb Marcell “Liger” Dirgantara, atau sebagai Jupiter 1 yang saat ini kesehariannya menjabat sebagai Danskadik 102. Posisi baru di tim Jupiter adalah Navigator for Leader yaitu Letkol Pnb M. Yunus “Bradox”. Jupiter 2 atau Right Wingman adalah Mayor Pnb Oktav “Kujang “. Sebagai Jupiter 3 atau Left Wingman Mayor Pnb Dika “Kingkong” Mahendra, Jupiter 4 atau Slot Mayor Pnb Iwan “Gobang” Setiawan, Jupiter 5 Mayor Pnb Habibie “Corbie”, Jupiter 6 atau Lead Syncro Mayor Pnb Idam Satria dan Jupiter 7 Narator adalah Mayor Pnb Ngurah “Viper”.

JAT yang tampil menggunakan enam pesawat KT-1 Woong Bee buatan Korea Selatan, sedikitnya akan melakukan 15 manuver hight show formasi aerobatik secara Vertikal terdiri dari Jupiter Roll, Loop, Clover Leaf, Vulcan and cross Over Benefit, Loop and Cross Over Break, Jupiter Wheel, Tango to Diamond, Mirror, Screw Roll, Heart, Roll Slide, Solo Spin, Five Card Loop, Jupiter Roll Back, dan Loop and Boom Burst.

Leave a Reply