Berita

Jupiter Aerobatik Team Tinggalkan Banjarmasin

Dibaca: 5 Oleh 10 Des 2013Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Jupiter Aerobatik Team (JAT) dengan pesawat tempur latih TNI AU jenis KT-1B Woong Bee tiba-tiba saja melintas di langit Banjarmasin dan melakukan fly pas secara formasi sebelum mendarat di Lanud Sjamsudin Noor yang sebelumnya take off dari Lanud Balikpapan, belum lama ini.

Kedatangan rombongan Team Aerobatik dengan warna pesawat merah dan putih tersebut terdiri dari delapan pesawat jenis KT-1B Wong Bee dari Skadron Pendidikan 102 Lanud Adisutjipto dan didukung dua buah pesawat C-130 Hercules TNI AU untuk mengangkut personil dan peralatan pendukungnya.

Rombongan JAT (Jupiter Aerobatik Team) yang berjumlah 80 orang tersebut berada di bawah Mission Commander (pimpinan) Komandan Lanud Adi Sutjipto Marsekal Pertama TNI Agus Munandar. Sesaat sebelum mendarat di Lanud SAM Pesawat Aerobatik tersebut sempat flypass diatas langit Lanud SAM dengan menampilkan formasi terbang aerobatik. Adapun misi utama yang diemban oleh Jupiter Aerobatik Team tersebut adalah untuk melakukan pertunjunkan aerobatik di Brunei Darussalam dalam rangka “The 4th Brunei Darussalam International Defence Exhibition” (BRIDEX 2013) yang digelar di Jerudong Park.

Baca juga:  DANLANUD RUSMIN NURJADIN SAMBUT KEDATANGAN PRESIDEN RI

Acungan dua jempol dari penerbang Royal Brunei Air Force ditujukan kepada Jupiter Aerobatik Team, “hebat Angkatan Udara Indonesia bisa menampilkan manuver Aerobatik secara formasi dengan menjaga jarak bak di lem. Sebelum tinggal landas dari Lanud Balikpapan untuk menuju Lanud Sjamsudin Noor, Team Jupiter Aerobatik ini sempat menyuguhkan atraksi udara yang telah membuat ribuan penonton di bawah langit kota Balikpapan menjadi terpukau dan berdebar-debar”, ujar narasumber dari salah satu team pendukung Jupiter Aerobatik Team.

Kedatangan rombongan JAT di Lanud SAM tersebut disambut langsung oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos. Rute penerbangan yang sedianya dari Balikpapan transit di Lanud SAM dan dilanjutkan terbang menuju Surabaya urung dilaksanakan, hal ini dikarenakan setelah Aerobatik Team mendarat di Lanud SAM langit Banjarmasin yang secara berangsur-angsur diselimuti awan gelap dan hujan yang tak kunjung reda hingga hari kedua. Danlanud SAM mengambil keputusan demi keamanan dan keselamatan bagi pesawat dan para awak pesawatnya maka Jupiter Aerobatik Team diputuskan untuk bermalam di Lanud SAM.

Baca juga:  TRADISI TERBANG SOLO PESAWAT T 50 GOLDEN EAGLE DI BANDARA ADI SOEMARMO

Setelah sempat bermalam dua hari di Lanud SAM, Selasa pagi (10/12) langit Banjarmasin relatif terang, para awak pesawat melaksanakan persiapan dan pengecekan dan pesawat beserta awak pesawat dengan pendukungnya dinyatakan dalam keadaan siap terbang, maka Jupiter Aerobatik Team beserta unsur pendukungnya dilepas oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor dan tinggal landas menuju Lanud Juanda Surabaya pada pukul 08.00 Wita.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel