Berita

KADISDIKAU : PEMUDA TONGGAK UTAMA SEJARAH NASIONAL

Dibaca: 3 Oleh 28 Okt 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

“Kekuatan atau nilai strategis sumpah pemuda sebagai salah satu tonggak utama sejarah nasional, terletak pada tiga aspek pokok”.  Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Udara (Kadisdikau) Marsma TNI Sukarto pada irup peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-82 di Mabesau Cilangkap, Kamis (28/10).


Ketiga aspek pokok itu adalah pertama kesadaran, semangat dan militansi pemuda yang sangat tinggi dan berani memperkokoh pilar persatuan dan kesatuan bangsa, kedua adanya Visi kebangsaan para pemuda yang cerdas dan visioner untuk bersatu dan menjadi bangsa yang terbebas dari segala bentuk penindasan dan penjajahan serta ketiga menegakkan persatuan dan kesatuan dengan melakukan integrasi jiwa semangat kebangsaan untuk mampu membebaskan diri dari penindasan.


Dikatakan, ikrar pemuda yang kemudian lebih dikenal dengan Sumpah Pemuda, pada dasarnya merupakan deklarasi kebangsaan atau penjelmaan dari semangat, rasa dan faham kebangsaan Indonesia. Kebangsaan itu menjadi embrio persatuan dan kesatuan bangsa yang mengatasi serta memayungi spirit primodialisme suku, agama, ras dan berbagai golongan yang kemudian mengkristal menjadi semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Baca juga:  Kemampuan Industri Pertahanan Nasional Dukung Kemandirian Alutsista TNI


“Dalam konteks peringatan Hari Sumpah Pemuda, maka jiwa, semangat dan nilai-nilai kejuangan adalah kebhinekaan yang dilandasi oleh nilai-nilai integratif atau persatuan dan kesatuan”, ungkapnya.


Demi persatuan dan kesatuan itu, setiap prajurit TNI terpanggil untuk secara terus-menerus memelihara dan meningkatkan kapasitas serta kualitas kemanunggalan TNI-rakyat yang didedikasikan sebagai salah satu fundamen yang kokoh dalam melaksanakan pembangunan nasional sebagai perwujudan perjuangan segenap komponen generasi penerus bangsa.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel