Berita

Kadislog Lanud Smo Tutup Latganda Semaba TNI AU A-42

Dibaca: 88 Oleh 12 Jan 2018Tidak ada komentar
Kadislog Lanud Smo Tutup Latganda Semaba TNI AU A-42
#TNIAU 

TNI AU. Kepala Dinas Logistik Lanud Adi Soemarmo Letkol Kal Andika Budi Wijaya, S.T., Sos., M.Si. bertindak selaku Inspektur Upacara, pada Penutupan Latihan Berganda (Latganda) Sinabung XLII  Siswa Semaba ( Sekolah Pertama Bintara) TNI AU Angkatan ke-42 bertempat di Detasemen TNI AU Pacitan, Kamis (11/1). Upacara penutupan yang diwarnai kabut dan hujan gerimis  tidak mengurangi khidmat upacara tersebut.

Inspektur upacara dalam membacakan sambutan  Danlanud Adi Soemarmo Kolonel Pnb M.Tonny Harjono SE.,  mengatakan  Latganda  yang baru saja selesai dilaksanakan oleh para siswa,  disamping untuk membentuk prajurit-prajurit yang tangkas dalam melaksanakan tugas, juga untuk melatih  fisik dan mental.

Selain itu  latihan ini juga untuk menguji kemampuan dan ketrampilan siswa di medan latihan yang sebenarnya dengan menerapkan teori dan praktek  kemiliteran yang diberikan.

“Saya mengharapkan latihan berganda yang hari ini berakhir dapat dijadikan cambuk dan motivasi  bagi para siswa untuk lebih giat belajar dan berlatih dalam menghadapi pendidikan-pendidikan selanjutnya”, ujar Danlanud.

Latihan  berganda yang diikuti sebanyak 379 siswa ini  yang berlangsung dari tanggal 4 – 11 Januari 2018 ini,   dilaksanakan    di  beberapa wilayah di  Kabupaten                Wonogiri dan kabupaten Pacitan, seperti  di daerah Giriwoyo, Tlogo Bandungan, Kepek, Sukodono, Sekar, Wareng,Piton, Pringkuku, Poko, Gesingan, Tamperan dan Jaten.

Baca juga:  Lanud Adisutjipto kembali laksanakan Operasi Penanganan Covid 19

Sedangkan  materi yang  dipraktekkan oleh siswa  selama latihan  antara lain  Long March, IMPK (Ilmu membaca Peta dan Kompas), TKK (Taktik Kesatuan Kecil), Perembesan, Jurit Tangkas, Caraka, Survival dan diakhiri dengan perebutan dan Pertahanan Pangkalan.di Detasemen TNI AU Pacitan.

Di sela-sela latihan,  Komandan Latihan, Danskadik 403 Letkol Adm Febby Aldrian, S.T.,M.M., melaksankan kegiatan sosial dengan   memberikan bantuan berupa sembako kepada beberapa  masyarakat  yang menjadi  korban karena  rumahnya rusak akibat tanah gerak   di Dusun Selare, Desa Bangun Sari, Kabupaten Pacitan.

Tema yang diangkat  dalam Latganda  siswa Semaba TNI AU angkatan ke-42 kali ini,  “Dengan Kesiapsiagaan Yang Tinggi,  Pasukan Sinabung XLII Siap mempertahankan Keutuhan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Menegakkan Kewibaan Pemerintah”.

Hadir dalam upacara penutupan Latihan Berganda ini para Muspida dan pejabat TNI POLRI  Pacitan,  Komandan Skadik 403, tokoh masyarakat,  beserta para Instruktur dan pelatih Skadik 403 Lanud Adi Soemarmo.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel