Berita

Kadisops Lanud Atang Sendjaja Buka “Latihan Dasar SAR Udara Pemda Kabupaten Bogor”

Dibaca: 8 Oleh 24 Agu 2016Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Kepala Dinas Operasi Lanud Atang Sendjaja Kolonel Pnb Muzafar ,S.Sos.,MM mewakili, Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsma TNI Hari Budianto. membuka Latihan Dasar SAR Udara Pemda Kabupaten Bogor, bertempat di Lapangan Dinas Operasi Lanud Atang Sendjaja Bogor, Rabu (24/8).

Dalam kata sambutannya Komandan Lanud Atang Sendjaja mengatakan bahwa Pangkalan TNI Angkatan Udara Atang Sendjaja sebagai satuan pelaksana Komando Operasi TNI AU I mempunyai tugas menyiapkan dan melaksanakan operasi udara serta pembinaan satuan guna mendukung operasional TNI AU dan pembinaan potensi dirgantara. Selain itu Lanud Atang Sendjaja melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) untuk membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, bantuan kemanusiaan serta melaksanakan pencarian dan pertolongan kemanusiaan dan harta benda. Berkaitan dengan hal tersebut saya sangat mendukung pelaksanaan latihan Dasar SAR Udara Pemerintah Daerah kabupaten Bogor dilaksanakan di Lanud Atang Sendjaja.

Lebih lanjut Marsma TNI Hari Budianto menyampaikan, latihan Search and Rescue ini bertujuan untuk mempersiapkan fisik maupun mental bagi para peserta, agar mampu menghadapi dan dapat mengatasi situasi pada saat melaksanakan pertolongan terhadap korban yang mengalami musibah akibat bencana alam. Para peserta diharapkan mampu mengenali dan mengatasi berbagai bentuk hambatan, rintangan serta ancaman yang dihadapi saat melaksanakan pertolongan (SAR) serta dapat menjaga keselamatan dengan memanfaatkan keadaan lingkungan atau medan yang ada. Untuk itu latihan Dasar SAR Udara ini mutlak diperlukan bagi setiap tim SAR sebagai bekal dalam melaksanakan operasi SAR yang sebenarnya yang penuh dengan tantangan dan beresiko tinggi.

Baca juga:  Upacara Bendera Rutin bulan September 2018

Pada Akhir sambutannya Komandan lanud Atang Sendjaja menekankan kepada para peserta latihan, agar memanfaatkan seluruh rangkain kegiatan latihan ini dengan maksimal dan sebaik mungkin, patuhi semua ketentuan petunjuk dan perintah yang diberikan oleh para instruktur, agar latihan ini dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar sesuai dengan rencana latihan serta dapat mencapai hasil yang maksimal.

Kepada para instruktur, penitia maupun para pendukung, saya sangat mengharapkan agar seluruh jadwal kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, antisipasi, cegah dan hindari segala resiko yang dapat berakibat fatal, dan tingkatkan terus profesionalisme, karena pada hakekatnya dengan latihan SAR ini diharapkan mampu meningkatkan disiplin dan percaya diri baik perorangan maupun kelompok, sehingga pada akhirnya nanti para peserta latihan bisa mengaplikasikan kemampuannya di medan yang sesungguhnya untuk memberikan yang terbaik sesuai misi (SAR) Search and Rescue.

Hadir pada pembukaan “latihan Dasar SAR Udara Pemda Kabupaten Bogor”. Para Kepala Dinas, Komandan Satuan, Tamu Undangan, dan Peserta “latihan Dasar SAR Udara Pemda Kabupaten Bogor”.

Baca juga:  Syukuran dan pemberian cindera mata di Wingdikum

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel