Berita

Kadisops Lanud Sultan Hasanuddin Buka Kegiatan Toraja Explor Di Lolai, ‘Negeri Di Atas Awan’ – Toraja Utara

Dibaca: 10 Oleh 01 Sep 2016Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Baru-baru ini Kepala Dinas Operasi Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel PNB Benny Arfan, mewakili Komandan Lanud Sultan Hasanuddin bersama dengan Bupati Toraja Utara membuka pelaksanaan Toraja Explor 2016 di Lolai, Toraja Utara. Adapun yang menjadi agenda utama dari Toraja Explor 2016 ini adalah kegiatan Paragliding Accuracy Champhionship yang melibatkan tidak kurang dari 60 paraglider yang datang dari berbagai wilayah di tanah air untuk beradu ketangkasan dan meliuk-liuk di wilayah udara Kabupaten Toraja Utara sambil menikmati pemandangan pegunungan yang sangat indah.

Dalam sambutannya, Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta Toraja explor dengan harapan agar kegiatan ini dapat membantu memperkenalkan Toraja Utara kepada dunia. Di samping itu bupati juga berharap agar kegiatan semacam ini dapat dijadikan sebagai agenda rutin tahunan yang tentunya perlu didukung oleh semua pihak. Sementara itu Kadisops Lanud Sultan Hasanuddin yang juga diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Toraja Explor ini juga memberikan apresiasi kepada panitia dalam melaksanakan kegiatan paralayang di Toraja Utara yang baru pertama kali ini. Kolonel Pnb Benny Arfan juga menegaskan bahwa kondisi alam di Toraja Utara sangat memungkinkan menjadi menjadi tuan rumah bagi berbagai kegiatan aerosport lainnya dan bukan hanya terbatas pada paralayang. Ia juga menambahkan bahwa FASI Sulsel, dalam hal ini Lanud Sultan Hasanuddin, siap mewadahi dan memberikan dukungan maksimal bagi perkembangan olahraga kedirgantaraan di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, khususnya kabupaten Toraja Utara. Tentunya dari kegiatan semacam ini dapat dilahirkan atlit-atlit berbakat yang mengharumkan nama Sulawesi Selatan pada berbagai even kejuaraan nasional seperti PON.

Baca juga:  Penerbang Tempur Jajaran Koopsau I Latihan Parasailing

Dipilihnya Lolai sebagai titik peluncuran paralayang juga sangat tepat mengingat kontur terrain yang sangat mendukung dan keindahan alam yang ada. Puncak Lolai, Kecamatan Kapalapitu-Toraja Utara sebagai sebuah dataran tinggi juga terkenal dengan sebutan ‘negeri di atas awan’ karena setiap pagi awan dan kabut yang menyelimuti seluruh wilayah Toraja Utara tepat berada di bawah Lolai dan merupakan pemandangan yang sangat indah. Turut hadir menyaksikan even ini adalah Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo dan ketua umum Nawa Cita, Prof RM. Suryo. (penhnd/2016)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel