Berita

KADISPENAU MENINJAU MUSEUM TNI AU DI LANUD SURYADARMA

Dibaca: 14 Oleh 05 Nov 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Bambang Samodro S. Sos., Kamis (5/11). meninjau museum TNI AU yang ada di Lanud Suryadarma, Kalijati. Peninjauan dilaksanakan seusai menghadiri upacara penutupan pendidikan bagi siswa-siswa Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Seskoau) di Kampus Seskoau, Lembang, Bandung.

Dalam kunjungannya ke Lanud Suryadarma, Kadispenau didampingi oleh empat Perwira Tinggi (Pati) TNI AU yaitu Komandan Pusat Polisi Militer TNI AU Marsma TNI Sudipo Handoyo, Kepala Dinas Perawatan Personel TNI AU Marsma TNI Polter Gultom, Kepala Dinas Pengamanan dan Sandi TNI AU Marsma TNI Zulhasmi dan Kepala Dinas Hukum TNI AU Marsma TNI Sunarto. Para pati TNI tersebut diterima oleh Komandan Lanud Suryadarma Kol Pnb Irwan Is. Dunggio S.Sos., bersama pejabat terkait di Mess D5 sekitar pukul 14.00 WIB. Selanjutnya rombongan menuju Museum Rumah Sejarah Kalijati, yang diterima pemandu museum PNS Andam Fitria. Museum Rumah Sejarah Kalijati didirikan pada tahun 1917 merupakan tempat bersejarah karena pada tanggal 8 Maret 1942 terjadi perundingan penyerahan kekuasaan penjajahan seluruh wilayah Hindia Belanda dari penjajahan Belanda ke Jepang. Di dalam museum tersimpan beberapa koleksi seperti kronologis mendaratnya pasukan Jepang beserta percakapan antarpetinggi militer, foto-foto bersejarah, meja-kursi perundingan, lukisan dan perabot rumah tangga. 

Baca juga:  Peringati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1442 H/2021 M Lanud Sjamsudin Noor Gelar Doa Bersama

Rombongan kemudian menuju Museum Amerta Dirgantara di Hanggar C, museum TNI AU tersebut berdiri sejak 10 April 1982 dengan peresmian oleh KSAU saat itu Marsekal TNI Ashadi Tjahyadi. Rombongan diterima Mayor Adm Sodikin sebagai kepala museum menjelaskan beberapa koleksi Museum Amerta Dirgantara Mandala seperti beberapa pesawat tua TNI AU yaitu Gruman Goose, L-12 Lockheed, L 4 J Pipercup, Cessna 180 dan beberapa Pesawat Glider guna kegiatan Terbang Layang. Rombongan juga menyempatkan memasuki ruangan sejarah sekolah penerbang di Indonesia dan sejarah skadron udara TNI AU. Kunjungan Kadispenau yang didampingi para pati ke museum TNI AU di Lanud Suryadarma tersebut adalah untuk melihat dari dekat keadaan museum TNI AU, yang rencananya mulai tahun 2011, pengelolaannya beralih dari Dinas Perawatan Personel TNI AU ke Dinas Penerangan TNI AU.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel