TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Kadispenau Menjadi Narasumber di FKK

By 12 Apr 2017Berita
2015-06-02_00002

Pada acara Forum Koordinasi dan Konsultasi (FKK) Kemenko Polhukam yang bertema “Kekerasan Terhadap Wartawan dalam Menjalankan Tugas Jurnalistik” di Klub Eksekutif Persada Halim Perdanakusuma, Rabu (12/4), Kadispenau Marsma TNI Jemi Trisonjaya M.Tr (Han) tampil menjadi salah satu narasumber.

Dalam paparannya Kadispenau, mengatakan, perlunya menjalin hubungan yang baik dengan media, sebagai kepanjangan tangan TNI AU dalam memberikan informasi positif terhadap masyarakat. Pada era digitalisasi, pengaruh media sangat signifikan apalagi media online, dalam hitungan detik, berita sudah bisa diterima oleh semua orang yang memiliki gadget. “Untuk itu pemberitaan yang ditulis perlu adanya keseimbangan yang didukung dengan data dan fakta yang relevan”, ungkapnya.

Marsma TNI Jemi Trisonjaya menyampaikan, mengapa wartawan dilarang meliput kecelakaan pesawat khususnya pesawat militer. Perlu diketahui bahwa pesawat militer, khususnya pesawat tempur yang membawa bom, roket atau peluru, apabila kena panas dapat setiap saat meledak yang berdampak kepada keselamatan para wartawan.

Kadispenau juga menjelaskan tidak boleh mengambil foto-foto korban meninggal (Pilot / Crew). Hal ini karena ada undang-undangnya dan sesuai dengan etika jurnalistik, karena akan berdampak secara psikologis kepada keluarga yang ditinggalkan dan para penerbang lainnya. Ini juga perlu menjadi pertimbangan kepada para wartawan, kenapa anggota yang dilapangan bersikap keras untuk tidak boleh diambil foto yang sering berakhir dengan kekerasan terhadap wartawan.

“Perlu duduk bersama dengan PWI untuk membahas hal-hal yang dilarang diliput untuk kejadian-kejadian yang ada di TNI AU, tentunya kita saling menghargai tugas dan tanggung jawab masing-masing”, jelasnya.

Dalam acara yang dibuka oleh Menkopolhukan Jendral TNI (Purn) Wiranto tersebut, narasumber lain adalah Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetio. Dihadiri 100 peserta yang terdiri atas para Kepala Humas Kementerian dan instansi pemerintah serta praktisi media, yang ditutup oleh Deputi VII Kominfotur Marsda TNI Warsono.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Kadispenau Menjadi Narasumber di FKK