Berita

Kadispenau : Operasi Informasi Merupakan Wujud OMP TNI Sepanjang Tahun

Dibaca: 230 Oleh 03 Mei 2013Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Kol Pnb SB Supriyadi bertindak selaku salah satu narasumber dalam kegiatan lokakarya sehari Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan ke-50. Lokakarya dilaksanakan di Bangsal Srutasala, Kamis (2/5) diikuti 138 Pasis Seskoau bertemakan “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Udara”, merupakan event akademis untuk melatih keterampilan dan kemampuan Pasis dalam memecahkan masalah pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung tugas TNI Angkatan Udara.

Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI Sudipo Handoyo, S.E. , dalam sambutan pembukaan lokakarya menyampaikan melalui kegiatan lokakarya diharapkan dapat melatih Pasis untuk memecahkan masalah dan mencari solusi dari permasalahan yang dibahas. Untuk itu sebagai lembaga pendidikan, Seskoau mengagendakan penyelenggaraan lokakarya bagi Pasis agar memiliki wawasan dan pengalaman yang memadai, sebagai bekal dalam penugasan ke depan. Diharapkan setelah lokakarya, Pasis dapat membuahkan naskah yang bernilai strategis untuk mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi pada tugas TNI Angkatan Udara.

Pada sesi pertama Kadispenau Kol Pnb SB Supriyadi mengetengahkan judul yang sama dengan tema lokakarya. Diungkapkan Kadispenau tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dunia yang telah mengubah pola hidup manusia secara lebih efektif, efisien dan cenderung bebas. Untuk itu, TNI sebagai instansi militer Negara Indonesia harus pandai-pandai memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk pelaksanaan tugasnya sekaligus dapat menjaga kerahasiannya. Ditambahkan di lingkungan TNI Angkatan Udara terdapat Operasi Informasi yang melibatkan Dinas Informasi dan Pengolahan Data, Dinas Psikologi dan Dinas Penerangan. Hingga kini Operasi Informasi merupakan salah satu Operasi Militer Perang (OMP) TNI yang dilaksanakan sepanjang tahun.

Baca juga:  Meriahkan HUT TNI ke-69: Lanud Tarakan Gelar Funbike dan Jalan Santai

Sementara itu narasumber kedua Kolonel Sus Ir. Rudy Gultom .M.Sc., Tenaga Pengajar Lemhanas RI, mengetengahkan judul ”Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Guna Membangun Citra Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Udara di Abad Informasi”, menyoroti dua aspek pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung tugas TNI Angkatan Udara yaitu aspek teknologi informasi dan aspek teknologi komunikasi. Dalam realitanya untuk pemanfaatannya secara optimal terdapat peluang dan kendala. Beberapa peluang seperti pemanfaatan e-learning dan pemanfaatan satelit A-2 sebagai produk LAPAN merupakan manfaat yang dapat dipetik untuk mendukung tugas TNI Angkatan Udara.

Pada setiap sesi lokakarya dilaksanakan tanya jawab antara narasumber dengan peserta. Selanjutnya tim perumus lokakarya Pasis Seskoau Angkatan ke-50 menyusun naskah sebagai sumbangan pemikiran Pasis Seskoau Angkatan ke-50 kepada pimpinan TNI Angkatan Udara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel