Berita

Kadissurpotrudau berkunjung ke Direktorat Topografi Angkatan Darat

Dibaca: 699 Oleh 12 Feb 2020Tidak ada komentar
Kadissurpotrudau berkunjung ke Direktorat Topografi Angkatan Darat
#TNIAU 

TNI AU. Direktur Topografi Angkatan Darat (Dirtopad) Brigjen TNI Ir. Asep Edi Rosidin, MDA., menerima kunjungan Kadissurpotrudau Marsma TNI I Made Susila Adnyana, S.IP.,SH., di Ruang Likhita Bhutala Sakti, Gedung Direktorat Topografi Angkatan Darat (Dittopad), Lantai 3, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Kunjungan yang bersifat silaturrahmi antar pejabat Balakpus di lingkungan TNI ini berlangsung dengan penuh keakraban, canda tawa namun tetap fokus dalam menyampaikan hal-hal apa saja yang menjadi keinginan untuk saling mendukung dan bekerja sama untuk menyelesaikan program pekerjaan.

Dalam kunjungan tersebut Kadissurpotrudau menyempatkan waktunya untuk berkeliling melihat langsung situasi dan kondisi di Dittopad sekarang ini. Dirtopad menunjukkan beberapa model drone yang dimiliki untuk melakukan pemotretan wilayah yang mengalami perubahan penggunaan lahan pada cakupan yang tidak luas dan juga model drone yang telah dilengkapi senjata untuk penyerbuan pembuka di persembunyian gerakan separatis. Tempat-tempat lain yang dikunjungi Kadissurpotrudau adalah antara lain, yaitu Subdit pengolahan data yang terdiri dua ruangan yang pertama ruangan Fotogrametri untuk mengolah hasil survey lapangan digabungakan dengan hasil pemotretan wilayah yang akan di buat petanya, ruangan kedua bagian Kartografi dimana hasil dari proses fotogrametri dijadikan sebuah peta dengan menggunakan kaidah-kaidah kartografis. Kaidah kartografis adalah ketentuan ilmiah tentang desain dan visualisasi peta dalam berbagai komponen grafis.

Baca juga:  Penyumpahan 44 Penyidik Pomau : Polisi Militer Merupakan Bagian Dari Criminal Justice System

Ruangan berikutnya keruangan reproduksi dan pencetakan. Di ruangan tersebut melihat proses pencetakan peta dengan skala pencetakan yang sangat banyak dengan mesin-mesin khusus. Ruangan terakhir yang dikunjungi adalah museum yang berisi peralatan pembuatan peta, pemrosesan sampai pencetakan peta yang sudah tidak dipergunakan dan diproduksi lagi.

Harapan Kadissurpotrudau ke depan adalah membangun suatu command centre dengan memanfaatkan teknologi computer berbasis internet (cloud computing) yang dilengkapi dengan fasilitas video conference dengan beberapa institusi terkait dan mampu menyiapkan data atau informasi geospasial yang dapat digunakan oleh sesama komunitas survei pemetaan yang telah memiliki izin sebagai salah satu acuan dalam pengambilan keputusan.

Akhir kunjungan diadakan sesi foto bersama dan dan penyerahan cinderamata dari kedua belah pihak.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel