Berita

Kaji Ulang Dan Penutupan Latihan Kesiapsiagaan Koopsau I 2016

Dibaca: 13 Oleh 15 Jul 2016Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Latihan kesiapsiagaan Koopsau I TA. 2016 yang dimulai dari tanggal 13 Juli, hari ini berakhir, setelah melalui serangkaian kegiatan latihan mulai dari melaksanakan Gladi Mako dan Manuver Lapangan di Sumatera Barat dan sebelum penutupan latihan dilaksanakan kaji ulang dengan memperhatikan tanggapan pelaku dan tanggapan penyelenggara di ruang Suryadarma Makoopsau I (15/7).

Secara umum latihan Kesiapsiagaan Koopsau I TA. 2016 berjalan dengan aman, lancar dan selamat. Semua tahapan latihan dapat terlaksana dengan baik, mulai dari latihan Mako di Makoopsau I dan tanggal 14 – 15 Juli melaksanakan Manuver Lapangan di Sumatera Barat dengan fokus penanggulangan bencana gempa dan tsunami, dengan mengusung tema latihan,“Koopsau I melaksanakan operasi dukungan udara pada operasi kemanusian di wilayah Sumatera Barat guna penanggulangan bencana alam gempa dan tsunami dalam rangka OMSP”.

Dalam manuver lapangan latihan Kesiapsiagaan Koopsau I, selain melibatkan personel juga melibatkan alutsista pesawat dengan mensimulasikan berbagai kegiatan seperti foto udara, Helly box, Dalpur, CDS, SAR dan evakuasi medis.

Dalam kaji ulang dan evaluasi Latihan Kesiapsiagaan Koopsau I ini, Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., selaku penyelenggara menanggapi bahwa latihan ini sangat bermanfaat, khususnya bagi Koopsau I dalam menguji Rencana Tindakan dalam menghadapi kontinjensi, khususnya bencana alam di wilayah barat.

Baca juga:  Danlanud Wiriadinata: Bijaklah dalam Menggunakan Media Sosial

Sementara itu lebih lanjut Asops Kaskoopsau I Kolonel Pnb I Made Susila menjelaskan, bahwa secara umum latihan dapat berjalan sesuai rencana, namun untuk perbaikan di masa mendatang, tentunya harus ada beberapa hal yang perlu dibenahi, guna kelancaran dan pencapaian sasaran latihan. “Kedepan diharapkan koordinasi antara Kodiklat TNI selaku penyelenggara dengan Koopsau I selaku pelaku semakin dapat diintensifkan lagi, sehingga para pelaku lebih memahami dan mengerti apa yang akan dilakukan dalam direktif latihan”, pungkas Kolonel Pnb I Made Susila.

Sementara itu dari pihak penyelenggara dalam hal ini Kodiklat TNI yang disampaikan oleh Dirlat Kodiklat TNI, menilai bahwa latihan Kesiapsiagaan Koopsau I ini dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan dan terlaksana dengan kategori baik. Paling tidak apa yang sudah dibuat dalam rencana tindakan Koopsau I dalam menghadapi kontinjensi bencana gempa dan tsunami di wilayah Sumatera Barat sudah dapat dioeprasionalkan mulai dari tahapan gelar kesiapan maupun kegiatan mekanisme lapangan dalam tahap tanggap segera bencana alam di wilayah barat.

 

Baca juga:  SOSIALISASI PERKASAU NO 51/VIII/2008 DI SESKOAU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel