Berita

Kaji Ulang Latihan Hanud “Perkasa B” Tahun 2019 di Makohanudnas

DSC_9566
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas ) Marsekal Muda TNI Imran Baidirus, S.E., selaku Direktur Latihan yang diwakili Kaskohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa, M.M., membuka rapat kaji ulang Latihan Hanud Perkasa “B” Tahun 2019, di Ruang Rapat Suryadarma Makohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (4/4).

Rangkaian acara rapat kaji ulang meliputi tiga paparan yaitu paparan evaluasi pelaksanaan Latihan Perkasa B oleh pelaku yang disampaikan Asisten Operasi Kosekhanudnas II Kolonel Pnb Yoyon Kuscahyono. Selanjutnya paparan evaluasi pelaksanaan Latihan Perkasa “B” oleh Komando Latihan (Kolat) yang disampaikan Asisten Operasi Kaskohanudnas yang merupakan juga Kepala Pengawas dan Pengendali (Kawasdal) Latihan Kolonel Pnb Yostarisa, S.E.  Berikutnya paparan penilaian masing-masing unsur Hanud sebagai pelaku latihan oleh Letkol Pnb A.P.U. Tarigan selaku tim penilai latihan.

Usai tiga paparan tersebut Kaskohanudnas memberikan tanggapan mengenai Latihan Perkasa “B” Tahun 2019. Dijelaskan Kaskohanudnas, Latihan hanud Perkasa “B” merupakan latuhan operasi pertahanan udara (hanud) antar satuan di jajaran Kohanudnas sebagai latihan hanud lanjutan dari latihan hanud tingkat perorangan (kilat) dan latihan hanud satuan (cakra) yang telah dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya.

Tujuan latihan antara lain meningkatkan kesiapsiagaan Kosekhanudnas II beserta unsur operasional jajarannya seperti unsur tempur sergap, unsur penindak Low Speed dan Low Altitude Threats, Satuan Radar, Daerah Hanud, Lanud, Arhanud, KRI berkemampuan hanud serta hanud pasif (obvitnas) dalam menghadapi kontijensi di wilayahnya, sehingga secara riil akan tercapai kesiapan berbagai unsur hanud di wilayah Indonesia bagian tengah.

Kaskohanudnas juga menanggapi saran dari paparan pelaku dan wasdal mengenai dinamika latihan yang telah dilaksanakan di wilayah Kosekhanudans II pada tanggal 25 sampai dengan 27 Maret 2019 yang lalu. Diadakan pua tanya jawab dengan unsur-unsur hanud tentang kegiatan latihan yang telah dilaksanakan serta masukan dari Kaskohanudnas kepada para pejabat terkait agar ke depan pelaksanaan latihan hanud dapat terselenggara secara lebih terarah dan optimal.

Rapat Kaji ulang dihadiri oleh pula oleh para Pangkosekhanudas I-IV, para pejabat Markas Kohanudnas,  Danpusdikhanudnas, para Dansatrad jajaran Kosekhanudnas II, para perwira terkait dan perwakilan pelaku dari berbagai unsur hanud yang terlibat dalam Latihan Perkasa “B” Tahun 2019.

Leave a Reply