Berita

KALIBRASI DI LANUD RANAI

Dibaca: 97 Oleh 03 Jun 2013Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan Kementerian Pehubungan Udara didampingi Komandan Lanud Ranai, Letkol Psk Tribowo Setyo Cahyono melaksanakan kalibrasi Precision Approach Path Indicator (PAPI) di Pangkalan TNI AU Ranai di runway 36 dan 18,dengan pesawat Cessna King Air PK-CAC, Captain Pilot Irwan Saputra, Co Pilot M. Kurniawan baru-baru ini.

Menurut Kepala team kalibrasi, Lampu PAPI adalah sebagai pedoman secara visual agar pesawat dapat landing setepat mungkin pada Touch Down Zone (TDZ), yaitu areal dimana landing gear menyentuh runway pertamakali. Hal ini sangat penting, mengingat runway setiap bandara berbeda panjangnya, semakin besar ukuran pesawat, maka semakin panjang runway yang dibutuhkan untuk take dan landing. Penyimpangan yang terlalu signifikan pada TDZ, maka landing sebelum TDZ (under shoot) atau landing sesudah TDZ (over shoot) akan mengakibatkan pesawat landing di luar runway. Untuk menghindari hal tersebut, Ditjen Perhubungan Udara mengadakan kalibrasi terhadap alat-alat di bandara yang berkaitan dengan keselamatan penerbangan.

PAPI (Precision Approach Path Indicator) adalah serangkaian 4 buah box yang dapat menghasilkan cahaya putih dan merah dimana tiap box dalam pemasangannya dibedakan sudut pandang (setting angle), sedangkan pemasangannya terletak di sisi kiri masing-masing ujung landasan, sehingga PAPI akan memandu pilot dengan cara seorang pilot harus mempertahankan posisi pesawat saat akan landing, agar tetap pada sudut pendaratan yang tepat (On slope). Dengan warna lampu PAPI yang konfigurasinya terlihat putih-putih-merah-merah (white-white-red-red). (Pen/Rni)

Baca juga:  100 ANGGOTA LANUD HALIM PERDANAKUSUMA NAIK PANGKAT

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel