Berita

Kampus Seskoau Lokasi Latihan Posko Angkasa Yudha Tahun 2012

Dibaca: 6 Oleh 10 Okt 2012Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat, S.IP., yang diwakili Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Dede Rusamsi Selasa (9/10) secara resmi membuka latihan Geladi Posko Angkasa Yudha 2012, sebagai latihan puncak TNI Angkatan Udara melalui suatu upacara di halaman gedung utama Seskoau, Lembang. Pada tahun 2012 ini, Seskoau menjadi lokasi latihan Posko Angkasa Yudha dengan panitia penyelenggara personel Komando Pendidikan Angkatan Udara (Kodikau).

Dalam sambutannya Kasau menyampaikan latihan Geladi Posko Angkasa Yudha di Seskoau tahun 2012 memiliki beberapa urgensi yaitu menguji doktrin dan langkah-langkah penyusunan rencana operasi sampai tingkat satuan guna mengantisipasi kemungkinan adanya peningkatan kontijensi. Ditambahkan Kasau, pelaksanaan Geladi Posko tersebut diwujudkan dalam beberapa bentuk yaitu koordinasi, kerjasama dan keterpaduan pola operasi udara diantara satuan-satuan Komando Tugas Gabungan Udara (Kogasgabud) yang meliputi unsur-unsur kekuatan TNI AU baik pesawat tempur, angkut, helikopter, radar, juga kemampuan-kemampuan personel lainnya seperti intelejen, pasukan tempur dan lainnya dalam sebuah operasi gabungan dengan mempraktekkan prinsip unity of command. Materi latihan posko adalah pengembangan perencanaan staf pada setiap operasi udara yaitu Operasi Pertahanan Udara Strategis, Operasi Lawan Udara Ofensif, Operasi Dukungan Udara dan Operasi Informasi, dengan melaksanakan empat belas langkah pengambilan keputusan.

Baca juga:  TNI DAN POLRI TIMIKA OLAH RAGA BERSAMA DI KUALA KENCANA

Ditekankan Kasau sasaran latihan dalam aspek strategis yaitu tersusunnya dokumen strategis pada tataran operasional dan taktis berdasarkan analisis kontijensi yang sedang dan akan terjadi. Dalam aspek taktik, terwujudnya kesiapan operasi Kotama TNI AU beserta jajarannya maupun pendukung lain dari aspek personel, alutsista serta piranti lunak. Sedang aspek taktis geladi lapangan yaitu terciptanya kemampuan perorangan maupun satuan di jajaran Kotama dalam melaksanakan koordinasi, pergerakan dan penggelaran seluruh satuan taktis serta melaksanakan operasi dalam menghadapi tantangan nyata.

Usai upacara, tamu undangan melaksanakan foto bersama dan refreshment. Kemudian mereka juga menyempatkan untuk melihat dari dekat pelaksanaan latihan Geladi Posko Angkasa Yudha tahun 2012 di Pusat Olah Yudha Seskoau yang ada di gedung Leo Wattimena. Pejabat melihat kondisi nyata tiap-tiap posko Satuan Tugas (Satgas) juga peralatan geladi, termasuk piranti lunaknya.

Peserta Upacara meliputi Staf Komando Latihan/Pengawas dan Pengendali (Wasdal), pelaku meliputi perwakilan personel di jajaran Koopsau I, Koopsau II, Kohanudnas, Korpaskhas dan dinas terkait di TNI AU. Turut hadir pada upacara pembukaan latihan Posko Angkasa Yudha tahun 2012 di Seskoau antara lain Danseskoau Marsda TNI Sudipo Handoyo selaku tuan rumah dengan undangan meliputi Dansesko TNI Marsekal Madya TNI I.B. Putu Dunia, para pejabat teras TNI AU termasuk para Kepala Dinas juga Pangkohanudnas Marsda TNI FHB Sulistyo, Dankodikau Marsda TNI I.B. Anom, S.E, selaku Direktur Latihan Angkasa Yudha 2012, Dankorpaskhas Marsda TNI Amarullah, Panglima jajaran TNI AU dan undangan lainnya.

Baca juga:  114 PNS IKUTI PENDIDIKAN LATSARJEMEN

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel