Berita

Kamuspusdirla Cek Kesiapan Monumen Perjuangan TNI AU di Ngoto Yogyakarta

Dibaca: 57 Oleh 04 Jul 2017Tidak ada komentar
TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Kepala Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta Letkol Sus Drs. Dede Nasrudin, berkenan meninjau secara langsung kesiapan Monumen Perjuangan TNI AU (Ngoto) dalam rangka menyambut Hari Bhakti TNI Angkatan Udara, Selasa (04/07).

Monumen Perjuangan TNI AU yang dulu dikenal dengan nama monumen Ngoto, berada di dusun Jatiarang, Tamanan, Kabupaten Bantul. Monumen ini merupakan bukti sejarah tempat jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA yang ditembak oleh pesawat Kitty Hawk Belanda dan jatuh di dusun Jatiarang yang dikenal dengan sebutan wilayah Ngoto. Dalam peristiwa tersebut anggota dari Angkatan Udara yang dinyatakan gugur adalah Komodor Muda Udara A. Adisutjipto, Komodor Muda Udara Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adisumarmo Wiryokusumo. Peristiwa tanggal 29 Juli 1947 tersebut, semula dijadikan hari Berkabung Nasional kemudian menjadi hari Bhakti TNI AU.

Peringatan hari Bhakti TNI Angkatan Udara yang dipimpin langsung oleh KSAU diselenggarakan di Monumen Perjuangan TNI AU pada setiap tahunnya, untuk itu Kamuspusdirla beserta staf dan anggotanya berupaya mempersiapkan segala sesuatunya. Untuk menghadapi kegiatan tersebut dilakukan pengecatan dinding, pagar, dan lantai altar monumen, juga pengerjaan melamin pringgitan dan pendopo di area monumen, perbaikan taman, menjaga kebersihan relief dan area monumen serta perbaikan sarana dan prasarana lainnya.

Baca juga:  SERAH TERIMA JABATAN WAKIL GUBERNUR AAU

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel