Berita

Kantor Search and Rescue (SAR) DIY diresmikan

Dibaca: 201 Oleh 22 Okt 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 
Kantor Search and Rescue (SAR) DIY diresmikan
Usai meresmikan Kantor SAR DIY Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X dan Kabasarnas Marsdya TNI FHB Soelistyo, SM Sos menyempatkan poto bersama dengan FKPD Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (21/10) Yogyakarta.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dalam sambutannya antara lain mengemukakan, bahwa peningkatan status Pos SAR DIY menjadi Kantor SAR kelas B, bertujuan untuk mengantisipasi segala bentuk bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Gubernur juga mengatakan bahwa tidak ada tugas yang lebih mulia dibandingkan dengan tim SAR karena mereka bertugas mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan sendiri. Gubernur berharap semoga keberadaan kantor SAR yang baru saja diresmikan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas yang membutuhkan pelayanan SAR. Tim SAR sekarang ini tidak cukup dengan berdiam diri dan berdoa saja, namun Tim SAR harus bertindak cepat dan cekatan dalam membantu masyarakat yang terkena musibah yang membutuhkan.

Kabasarnas Marsdya TNI FHB Soelistyo, SM Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa peresmian ini hendaknya dapat merangsang kegairahan kerja, mendukung produktifitas kerja dan mendorong motivasi yang semuanya akan bermuara pada terwujudnya peningkatan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. Tegasnya. Menurut beliau BPBD dan Basarnas merupakan leading sector dalam mengkoordinir potensi SAR termasuk para relawan. Demikian dijelaskan.

Baca juga:  Kasau Kunjungi Musdirla

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Yadi I. Sutanandika, M.S.S. disela-sela acara peresmian kantor SAR DIY menyampaikan bahwa “Ancaman musibah dan bencana selalu ada disetiap saat. Bahkan Indonesia disebut sebagai gudangnya bencana, karena hampir berbagai jenis bencana alam ada di Indonesia. Dengan berbagai jenis musibah yang ada dan bisa terjadi sewaktu-waktu tersebut, membuat Basarnas harus lebih waspada dan selalu siap siaga selama 24 jam,” jelasnya.

Peresmian Kantor SAR Yogyakarta berlangsung cukup sederhana dengan diawali dengan pelepasan pita, pelepasan balon dan burung oleh Kabasarnas dan Gubernur DIY, Penanda tanganan prasasti dan dilanjutkan peninjauan peralatan dan fasilitas.

Peresmian Kantor SAR dihadiri oleh Kabasarnas Marsdya TNI FHB Soelistyo, SM. Sos, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono ke X, Sestama Basarnas Drs. Max Rullan B, Deops Basarnas Mayjend TNI Tatang Z, Gubernur AAU Marsda TNI Sugihardjo, Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Yadi I. Sutanandika, M.S.S., Danlanal Yogykarta Kol Laut (P) Daniel Muji R, Bupati Bantul Sri Suryawidati.

Baca juga:  Skadron Udara 1 Laksanakan Syukuran Terbang Malam

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel