Berita

Kapuskes TNI, Hadapi  Virus Corona, Tetap Waspada dan Jaga Pola Hidup Sehat

Kapuskes TNI, Hadapi  Virus Corona, Tetap Waspada dan Jaga Pola Hidup Sehat
#TNIAU 

TNI AU. Wabah Virus Corona Covid-19, menjadi realita sosial yang harus dihadapi dampak wabah virus ini bisa menyebabkan kematian (death), penyakit (desiase), kekuarangan nyamanan (discomport), kekurangan puasan (dissatisfaktion), bahkan juga kemiskinan (destitution), oleh karena itu penanggulangan wabah virus tersebut tidak hanya dengan intervensi di bidang kesehatan saja, namun juga harus dilakukan secara lintas sektoral, dengan melibatkan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementrian Kesehatan Sektor Swasta serta Pemangku kepentingan lainnya, untuk bersama-sama mencegah, mendeteksi dan merespon penyakit yang saat ini sudah dianggap pandemi oleh WHO, saya mengharapkan agar seluruh keluarga Besar TNI tidak panik dalam menyikapi isu-isu tentang penyebaran virus corona, tetap melakukan aktifitas yang wajar seperti biasa, namun tetap waspada dan menjaga pola hidup sehat.

Demikian apa yang dikatakan oleh Kepala Pusat Kesehatan TNI (Kapuskes TNI) Mayor Jendral TNI dr.Bambang Dwi HS.Sp.B.,FlanaCS., M.Si., dalam sambutan pada upacara 17-san  yang dibacakan oleh Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus H.Mhd.Zukri,S.Ag pada apel satuan di Mako Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (17/3/2020).

Baca juga:  Danlanud Rsn Hadiri Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Muara Takus 2019

Mayor Jendral TNI dr.Bambang Dwi mengatakan, saat ini pemerintah telah menerbitkan protokol kesehatan penanganan covid-19, protokol yang diterbitkan tersebut yaitu, protokol kesehatan, protokol komunikasi, protokol pengawasan perbatasan, protocol area pendidikan, protokol area publik, dan transportasi. Protokol tersebut akan dilaksanakan di seluruh Indonesia oleh pemerintah dengan dipandu secara terpusat.

“Pemerintah telah menyiapkan sekitar 136 rumah sakit yang sudah ada dan tersebar di seluruh pelosok Indonesia untuk menerima rujukan kasus virus corona covid-19, 14 rumah sakit rujukan Nasional, dan 50 rumah sakit rujukan regional provinsi serta rumah sakit di perbatasan,” kata dr.Bambang.

Selanjutnya Kapuskes TNI dr.Bambang Dwi menjelaskan, bahwa TNI menyiapkan 109 rumah sakit dengan 1.827 tempat tidur untuk siaga covid-19, meliputi ruangan isolasi, ruangan isolasi tekanan negatif, dan icu.

“Pengamanan membantu pemulangan WNI dari negara lain yang terdeteksi virus corona covid-19, mencegah melintasi negara terdampak masuk ke wilayah NKRI dan serta TNI dilibatkan dalam pengamanan imigran asing yang perbatasan dan menyiagakan personel kesehatan,” tambahnya.

Baca juga:  Rakor Renaku dan Rakor Baku TNI AU TA 2015 Berlangsung di Seskoau

Selanjutnya orang no.1 dijajaran Kesehatan TNI menjelaskan, bahwa seluruh rumah sakit TNI yang ada, yaitu Rumah Sakit Angkatan Darat, Rumah Sakit Angkatan Laut, dan Rumah Sakit Angkatan Udara, serta satuan-satuan kesehatan lapangan untuk melakukan langkah-langkah terukur dan terkoordinasi dengan seluruh stakeholders terkait.

“Beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan dilingkungan kita dalam mencegah infeksi virus corona covid-19 antara lain, mencuci tangan dengan benar, menggunakan air dan sabun, atau dengan hand sanitizer, menggunakan masker, lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, gaya hidup bersih dan sehat serta menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi istirahat yang cukup, tidak pergi ke negara terjangkit wabah virus corona covid-19; dan menghindari kontak dengan penderita virus corona covid-19,” ujar dr.Bambang.

Pembacaan sambutan dilaksanakan pada tiap-tiap satuan, Satuan Malanud Rsn (Staf operasi,Staf Personel,Staf Logistik dan Staf Khusus), Wing 6, Skadud 12, Skadud 16, Skatek 045, Satpomau, dan Rumkit dr.Sukirman.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel