Berita

KARBOL AAU BERANGKAT LATIHAN HANLAN (BHUWANA PAKSA) DI LANUD ISWAHYUDI MADIUN

Dibaca: 17 Oleh 08 Mei 2012Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Eskalasi yang berkembang yang hendak merealisasikan kehendak lepasnya Jawa Timur NKRI serta upaya-upaya memprovokasi rakyat oleh Gerakan Separatis bersenjata Parang yang berkedudukan di Pacitan, Ponorogo, dan Madiun. Upaya Danlanud Iswahyudi setelah mendapat informasi dari Kaintelpam Lanud Iswahyudi akhirnya merencanakan pergeseran pasukan dari Yon 463/Paskhas, organik Lanud dan depohar 60 serta dukungan Skadron III Karbol, selanjutnya Pasukan Skadron III Karbol segera mengadakan perlawanan terhadap pasukan GSB Parang yang telah menyusup dari 2 arah dan berusaha menghancurkan Skadron 3 dan 14. Dengan kekuatan yang solid dan taktik yang matang pasukan penyerang dapat dipukul mundur. Demikian sebagian skenario latihan Pertahanan Pangkalan (Bhuwana Paksa) karbol AAU di Lanud Iswahyudi.

Wakil Gubernur AAU Marsma TNI Sugihardjo Selasa (8/5) di Lap Dirgantara AAU bertindak sebagai Irup dalam upacara pemberangkatan Latihan Hanlan mengatakan ”Setiap karbol tingkat III wajib mengikuti latihan bhuwana paksa, di samping latihan kematraan lainnya. Latihan bhuwana paksa merupakan aplikasi lapangan materi pertahanan pangkalan (hanlan) yang didapat para karbol di kelas dari para instruktur dan pelatih. Latihan ini merupakan bagian dari operasi hanud pasif yaitu hanud titik dalam rangkaian sishanudnas, bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman sekaligus pengenalan kepada para karbol tingkat iii tentang manajemen operasional hanlan, termasuk teknik dan taktik pertahanan didarat, baik yang bersifat horizontal maupun vertikal dalam mengamankan obyek-obyek vital yang ada di pangkalan udara”.

Setelah Upacara ini rencananya karbol langsung diberangkatkan ke medan latihan di lanud Iswahyudi madiun. latihan akan berlangsung mulai hari ini hingga tanggal 10 mei 2012 diikuti oleh karbol tingkat III weving 2009 sejumlah 110 karbol dan 102 militer. Latihan hanlan ini juga akan melibatkan satu pesawat F-16 sebagai bulsi udara, dan bantuan Yon 463 Pakhas madiun.

Baca juga:  Dansekkau Tutup Penatris Pasis Sekkau A-95

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel