Berita

Karbol AAU Harus Lebih Unggul

Dibaca: 9 Oleh 23 Mei 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Pen Iwj (27/4). Karbol AAU merupakan generasi penerus harus memiliki kemampuan teori yang lebih up to date dan lebih unggul dibandingkan generasi sebelumnya, karena dididik dengan perlengkapan yang lebih maju baik dalam hal teknologi, metode pendidikan dan juga pengaruh perkembangan teknologi global.

 

Untuk memanfaatkan ilmunya di lapangan dan bukan sekedar pemahaman teori, sebanyak 124 Karbol Akademi Angkatan Udara (AAU) melaksanakan latihan ”Bhuwana Paksa” selama tiga hari dari tanggal 26 sampai dengan tanggal 28 April 2010 di Lanud Iswahjudi. Meskipun baru pertama terjun ke lapangan, calon perwira TNI AU tersebut dituntut mampu mempertahankan Lanud Iswahjudi dari serangan musuh baik serangan udara maupun serangan darat.

 

Gelar pertahanan pangkalan yang dilaksanakan Karbol AAU Tingkat III tersebut meliputi pertahanan vertikal yaitu langkah mengantisipasi segala bentuk ancaman serangan musuh dari udara baik serangan dari pesawat maupun rudal. Sedangkan pertahanan horisontal meliputi antisipasi serangan pasukan dari darat.

 

Wagub AAU Marsekal Pertama TNI Edy Sunarwondo saat meninjau di lapangan mengatakan bahwa latihan Bhuwana Paksa yang merupakan program pendidikan Akademi TNI AU dimaksudkan selain untuk mengenalkan cara mempertahankan suatu pangkalan udara dari serangan musuh, sekaligus juga memberikan kesempatan kepada para Karbol untuk mengaplikasikan di lapangan dari teori yang didapat selama mengikuti pendidikan.

Baca juga:  RAT Primkopau Gemi Makmur Pusdiklat Paskhas

 

Sedangkan pada kesempatan sama Komandan Lanud Iswahjudi, Kolonel Pnb Ismono Wijayanto mengatakan bahwa keberhasilan latihan adalah apabila para peserta memahami jalannya suatu operasi mempertahankan pangkalan udara, sehingga nantinya para Karbol AAU tersebut setelah lulus dan ditempatkan di kesatuan tidak canggung lagi dalam melaksanakan latihan maupun operasi yang sebenarnya.

 

”Oleh karena itu pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan latihan ini harus dilakukan dengan penuh dedikasi, disiplin tinggi dan penuh rasa tanggung jawab. Selain itu tidak dibenarkan para Karbol melupakan prosedur keamanan dan keselamatan yang telah ditentukan, sehingga latihan ini berjalan lancar, aman, dan selamat sebagaimana yang diharapkan”, Lanjut Komandan Lanud Iswahjudi.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel