Berita

KARBOL AAU IKUTI LATIHAN PERTAHANAN PANGKALAN

Dibaca: 17 Oleh 22 Mei 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsekal Muda (Marsda) TNI Sru A. Andreas melepas 123 Karbol Tingkat III AAU untuk mengikuti Latihan Bhuwana Paksa (Pertahanan Pangkalan) yang digelar di Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun. Upacara Pemberangkatan dilakukan di lapangan Dirgantara Kampus AAU. Senin (26/4).

 

Latihan dimaksudkan untuk meningkatkan Penguasaan Operasi, baik Perencanaan dan Pengendalian Pertahanan Pangkalan serta melatih Koordinasi Tim Pertahanan Udara sebagaimana yang tercantum dalam kurikulum pendidikan AAU, setiap karbol tingkat III wajib mengikuti latihan bhuwana paksa, di samping latihan kematraan lainnya.

 

Latihan Pertahanan Pangkalan (Hanlan) ini merupakan bagian dari operasi Pertahanan Udara (Hanud) pasif yaitu Hanud Titik dari rangkaian Sistem Pertahanan Udara Nasional (Sishanudnas) yang bertujuan memberikan Pengenalan sekaligus Penghayatan kepada para Karbol tingkat III tentang manajemen Operasional Hanlan, termasuk Teknik dan Taktik Pertahanan Udara, baik yang bersifat Horizontal maupun Vertikal dalam mengamankan obyek-obyek vital yang ada di Pangkalan Udara.

 

Dalam Sambutannya Gubernur mengatakan, setiap bentuk latihan yang diberikan kepada para Karbol, hakikatnya baru pengetahuan awal yang harus terus dikembangkan di setiap pelaksanaan tugas di satuan. Sebagai Calon-calon Perwira TNI AU yang nantinya bertugas di Satuan Operasional Pengetahuan dan pengenalan tentang manajemen pertahanan pangkalan Udara mutlak harus dikuasai oleh setiap Karbol AAU, sehingga setelah menjadi Perwira, bila dihadapkan pada Operasi sesungguhnya, para Karbol mampu melakukan Tugas dengan baik.

Baca juga:  “KOMUNIKASI TERBUKA WUJUDKAN KINERJA YANG LEBIH BAIK”

 

Selanjutnya Gubernur berpesan, agar para Karbol tingkat III dapat memanfaatkan kesempatan ini secara optimal, penuh semangat dan rasa tanggung jawab yang tinggi serta disiplin mengikuti prosedur yang berlaku. Perhatikan faktor keamanan dan keselamatan, patuhi semua instruksi para pelatih, agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari, jalin kerja sama dengan semua peserta latihan dengan baik, lakukanlah cek dan re-cek pada setiap kegiatan dan tidak kalah penting, jagalah Citra sebagai Karbol AAU. (Pen AAU)

 

Tampak pada gambar; AAU Maresekal Muda TNI Sru A. Andreas sebagi Pemimpin Umum Latihan Pertahanan Pangkalan ”Bhuwana Paksa” Karbol Tingkat III AAU menyematkan tanda peserta Latihan kepada salah satu Karbol perwakilan peserrta saat upacara pemberangkatan di Lapangan Dirgantara Kampus AAU Yogyakarta, Senin (26/4).

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel