Berita

KARBOL TK II AAU IKUTI LATIHAN TERBANG LAYANG

Dibaca: 35 Oleh 04 Jan 2011Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Untuk lebih mengenal Prosedur Penerbangan, karakteristik Pesawat dan sikap sebagai calon-calon Airmen, Akademi Angkatan Udara (AAU) melatih para Karbol sejak dini tentang berbagai aktivitas penerbangan, mulai yang sederhana sampai pelaksanaan Operasi Udara sebenarnya. Demikian dikatakan Gubernur AAU Marsekal Muda TNI Sru A. Andreas, dalam sambutannya saat Membuka Latihan Terbang Layang Karbol tingkat II di Gedung Teleng Krida Kampus AAU Yogyakarta, Senin (3/1).

 

Latihan dengan nama sandi “Citra Dirgantara” ini, diberikan untuk pengenalan terbang dengan menggunakan pesawat tanpa mesin jenis Glider yang ditarik oleh pesawat jenis penarik seperti Cesna maupun Gelatik. pemberian materi Terbang layang bagi Karbol TK II ini sangat tepat. karena selain membiasakan diri menjadi seorang Airmanship juga Memberikan bekal kepada Karbol agar mendapat kemudahan dan pengalaman terbang dan bila saatnya memasuki jenjang Sekolah Penerbang dapat menyelesaikan sesuai batas waktu yang diberikan

 

Mulai bulan Januari sampai dengan Maret 2011 ini, Karbol AAU Tingkat II (sersan Karbol) werving 2009 digembleng dan diperkenalkan Terbang Layang (terla) yang ditargetkan pencapaian jam terbang ke-112 Karbol ini mencapai 600 sorte, sehingga tujuan latihan yang dilaksanakan sore hari tiap Senin-hingga Jumat di Pangkalan Udara Adisucipto ini bisa tercapai.

Baca juga:  Balitbang Strahan Laksanakan Focus Group Discussion di Lanud Adisutjipto

 

Keberhasilan latihan terla selain pencapaian habit seorang Karbol matra udara, keberhasilan latihan juga diukur dari safety-nya dan faktor Lambangja serta Prosedur Terbang yang harus ditaati untuk menghindari potensi-potensi accident dengan melaksanakan check dan re-check serta evaluasi yang menyeluruh mulai pre flight sampai post flight. Untuk itu gubernur berpesan kepada para instruktur faktor safety harus diutamakan, disamping chek kesehatan yang wajib dilaksanakan para Karbol. Dan setelah dinyatakan lulus dalam latihan ini para Karbol berhak mendapakan brevet terbang layang (terla)..

 

Upacara pembukaan yang berlangsung dalam ruangan ini, selain diikuti ke-112 karbol tingkat II juga dihadiri Wakil Gubernur AAU Marsekal Pertama TNI Edy Sunarwondo, Pejabat Teras AAU, para Instruktur, Perwira, Bintara, Tamtama,PNS dan karbol tingkat III dan IV yang ditandai dengan penyematan Ban-latihan kepada Perwakilan peserta latihan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel