Berita

KARYA BAKTI TNI AU LAYANI 4.158 PASIEN

Dibaca: 9 Oleh 13 Jul 2010Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Dalam rangka memperingati Hari Bakti ke-63 TNI Angkatan Udara, TNI AU menggelar karya bakti di Lanud El Tari Kupang, khususnya dalam pelayanan kesehatan dan telah melayani sekitar 4.158 pesien. Bekerjasama dengan Walubi, Yayasan Kemanusian Indonesia (YKI) Bali, RST Wirasakti, RSAL Kupang, RS Bhayangkari Kupang, Diskes Kota Kupang, BKKBN, Mahasiswa FK Undana, Mahasiswa STIKES Nusantara dan Maranatha.

Animo masyarakan untuk mendapat pelayanan kesehatan tidak saja datang dari sekitar Pangkalan TNI AU El Tari, Penfui Kota Kupang, akan tetapi juga berasal dari Kabupaten Soe bahkan dari Pulau Alor.

Tingginya minat masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan menyebabkan rencana semula yang rencananya akan digelar selama dua hari (6-7/7) mundur menjadi tiga hari khusus pada pelayanan mata dan khitan. Namun hal ini tidak mengendurkan semangat paramedis yang harus bekerja ekstra hingga larut malam. Kondisi dikarenakan masyarakat Kupang yang masih banyak berada di bawah garis kemiskinan dan pendidikan yang kurang.

Pelayanan kesehatan secara cuma-cuma merupakan hal yang sangat dinantikan, terlihat dari antrian colon pasien yang sangat panjang hingga berdesak-desakan menunggu giliran mendapat pelayanan. Banyak dari mereka datang mulai terbit matahari. Tidak saja masyarakat umum yang mendapat pelayanan kesehatan, akan tetapi PNS TNI/Polri serta PNS dijajaran pemerintahan Kota/Kabupaten Kupang.

Baca juga:  BIKERS LANUD HALIM PERDANAKUSUMA JAJAGI RUTE CIKEAS-HALIM

Pasien mata merupakan paling banyak dilayani seperti pemeriksaan mata, operasi mata katarak dan pembagian kacamata. Sedangkan Metode Operasi Wanita (MOW) bagi ibu-ibu sangat mendapat dukungan dari BKKBN Kota Kupang, dimana pertumbuhan angka kelahiran sangat tinggi di kota tersebut, bahkan Gubernur NTT Frans Lembu Raya mengatakan angka kematian ibu dan anak sangat tinggi akibat minimnya pengetahuan dibidang kesehatan.

Pelayanan kesehatan yang dilayani diantaranya penyakit umum sebanyak 1227 pasien, pemeriksaan gigi 416, pembuatan gigi palsu 47, bedah minor 34, operasi bibir sumbing 33, MOW 134, implan 20, operasi katarak 54, pemeriksaan mata dan kacamata 2006 serta sunat 387.

Yang paling menarik disini adalah pasien sunat. Biasanya peminat sunat adalah anak-anak namun disini justru banyak terlihat orang-orang dewasa bahkan banyak yang sudah beristri mendatangi bagian sunat untuk mendapat pelayanan sunat.

Selain karya bakti, PIA Ardhya Garini (PIA AG) Pengurus Pusat menyelenggarakan kursus keterampilan bagi istri Prajurit TNI/Polri serta Dharma Wanita Pemerintahan Provinsi NTT berupa kursus tata boga dan tata busana di Gedung Serba Guna El Tari Gubernuran NTT.

Baca juga:  Pembekalan Pangkoopsau II Kepada Seluruh Personel Lanud Sjamsudin Noor

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel