Berita

KAS KOHANUDNAS BUKA DIKKUALSUS TDAS ANGKATAN KE-5

Dibaca: 16 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Kepala Staf Komando Pertahanan Udara Nasional (Kaskohanudnas) Marsma TNI Adityawarman mewakili Pangkohanudnas didampingi para Asisten membuka secara resmi Pendidikan Kualifikasi Khusus (Dikualsus) Tranmisi Data Air Situation (TDAS) angkatan ke 5 tahun anggaran 2009 bertempat di Aula Leo Watimena, Kohanudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (12/10).

 

Pangkohanudnas Marsda TNI Dradjad Rahardjo, S.IP dalam sambutannya yang dibacakan Kas Kohanudnas mengatakan, Dikkualsus merupakan pengembangan transformasi ilmu pengetahuan teknologi yang dikembangkan sejak tahun 1995, dengan penelitian data Radar militer dan Radar sipil yang dilakukan PT. ITS Surabaya bekerjasama dengan para pakar radar Kohanudnas. Pada penelitian tersebut didapatkan atau ditemukan kandungan informasi penting dari pemrosesan aliran data radar seperti Identitas pesawat, posisi, kecepatan dan pergerakan pesawat, tergambar dalam data radar, dan proses saling berkomunikasi.

 

Bertitik tolak dari hasil penelitian tersebut, Kohanudnas dengan tugas pokoknya menyelenggarakan pertahanan dan keamanan terpadu atas wilayah udara nasional, menetapkan menggunakan system TDAS, guna membantu mengamati ruang udara nasional, sehingga lalulintas penerbangan di wilayah udara nasional dapat dipantau secara real time, sekaligus dapat menambah daya kemampuan pengamatan wilayah udara nasional dengan menggunakan radar sipil.

Baca juga:  Lanud Sjamsudin Noor Peringati Nuzulul Qur’an dan Buka Puasa Bersama 1440 H/2019 M

 

Dikkualsus TDAS ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada personel Kohanudnas dan jajaran yang mengawaki peralatan TDAS agar mampu mengoperasikan dan pemeliharaan peralatan secara optimal, yang pada ahirnya kesiapan dan kesiagaan operasional peralatan tersebut senantiasa terjaga dan selalu dalam kondisi prima.Mengingat teknologi atau peralatan system TDAS yang digunakan Kohanudnas sudah merupakan teknologi canggih, sehingga dalam pengoperasiannya diperlukan pula personel yang mempunyai kemampuan dan keahlian, dan kemampuan, keahlian tersebut hanya akan kita dapat melalui pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan secara berkesinambungan, lanjut Pangkohanudnas.

 

Pendidikan ini, juga merupakan kesempatan yang sangat baik bagi para siswa untuk memperoleh pengetahuan dan mengembangkannya mengenai peralatan TDAS, oleh karenanya, Panglima menekankan kepada para siswa agar dapat menggunakan waktu yang relatif singkat ini dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat menyerap materi pelajaran dari para instruktur.

 

Pendidikan kualifikasi khusus TDAS angkatan ke-5 kali ini, diikuti oleh dua puluh siswa yang terdiri dari seorang Pamen berpangkat Mayor delapan orang Pama dan sebelas orang Bintara yang berasal dari Kohanudnas, Kosekhanudnas, Pusdikhanudnas dan Satuan Radar (Satrad), dan akan berlangsung selama dua bulan.

Baca juga:  23 PAMA LANUD SUPADIO IKUTI UJIAN P2BS

 

Hadir pada kesempatan upacara tersebut Ir Kohanudnas Kol Pnb Sudjendro, Aspers Kol Pnb Abimanyu Heruantono, Aslog Kol Tek Amiruddin Akhmad, Asintel Kol Sus Suharto, Asisten Khusus Matra Laut Kol Laut Yuwono, para intruktur dari PT. ITS dan para pejabat lainnya serta perwakilan Perwira, Bintara dan PNS Kohanudnas. Demikian penjelasan Kepala Penerangan Kohanudnas Mayor Sus Suharto, SH

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel