Berita

Kas Koopsau II Menerima Kunjungan Kuliah Kerja Pasis Sekkau Angkatan ke-107 di Koopsau II

Oleh 05 Mar 2020 Maret 6th, 2020 Tidak ada komentar
Kas Koopsau II Menerima Kunjungan Kuliah Kerja Pasis Sekkau Angkatan ke-107 di Koopsau II
#TNIAU 

Kepala Staf Komando Operasi TNI Angkatan Udara II Marsma TNI Andi Kustoro, menerima kunjungan Kuliah Kerja Perwira Siswa Sekkau Angkatan Ke-107 Tahun 2020 yang dipimpin langsung oleh Komandan Sekkau Kolonel PNB M. Yani Amirullah, bertempat di Gedung Serbaguna Suryadi Surya Dharma Makoopsau II. Makassar. Rabu, (4/3/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut para pejabat Koopsau II, Pejabat dan Patun Sekkau serta Perwira Siswa Sekkau Angkatan ke-107 tahun 2020. Acara kunjungan kuliah kerja Pasis Sekkau kali ini mengambil tema Kesiapsiagaan TNI Dalam Mendukung Diplomasi Pertahanan.”

Dalam sambutannya Pangkoopsau II Marsda TNI Donny Ermawan T, M.D.S., yang dibacakan oleh Kas Koopsau Marsma TNI Andi Kustoro mengatakan bahwa Diplomasi Pertahanan  adalah aktivitas kerjasama negara baik yang dilakukan secara multilateral  maupun bilateral, yang dilakukan oleh militer dan stakeholder terkait pada masa damai dengan melibatkan kerjasama militer dalam isu-isu strategis, mulai dari peran militer sampai peran nir-militer, seperti adanya pasukan pemelihara perdamaian (peacekeeping force),  penegakkan keamanan (peace enforcement), promosi good-governance, tanggap bencana, melindungi Hak Asasi Manusia, dan lain-lainnya.

Baca juga:  PERINGATAN HUT RI KE 67 DI LANUD HUSEIN S.

Lebih lanjut Pangkoopsau II mengatakan bahwa Diplomasi Pertahanan dilakukan untuk mencapai Kepentingan Nasional (national interest) negara yang bersangkutan, khususnya dari segi  pertahanan dan keamanan  guna terhindar dari terjadinya suatu perang. Diplomasi pertahanan juga dilakukan dengan menggunakan kekuatan bersenjata (alutsista) dan infrastruktur terkait sebagai alat  kebijakan keamanan dalam negeri dan kebijakan luar negeri.

Disamping itu, diplomasi pertahanan dilakukan untuk mencari perimbangan antara kebutuhan untuk menciptakan stabilitas  keamanan regional, peningkatan kapabilitas pertahanan, dan kemandirian pertahanan suatu negara. Keberhasilan pelaksanaan diplomasi pertahanan negara sangat bergantung pada upaya-upaya diplomatik yang dilakukan pada tingkat global, regional, dan bilateral. Ujar Pangkoopsau II.

Di akhir sambutannya Pangkoopsau II berharap agar para Pasis Sekkau dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai ajang untuk menggali lebih jauh tentang Diplomasi Pertahanan dan Organisasi Koopsau II beserta tugas dan fungsinya sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan para Pasis tentang matra udara khususnya Koopsau II.

Selamat melaksanakan kunjungan kuliah kerja di Markas Koopsau II, semoga para Pasis Sekkau A-107 TA. 2020, semuanya dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik, lancar dan sukses. Pungkas Pangkoopsau II.

Baca juga:  Danlanud Rembiga Sambut Wapres Ri Jusuf Kalla

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel